Pertunjukan Seni Kuda Lumping Meriahkan Pembagian Hadiah Lomba HUT RI

0
1686

RUBRIK, PRINGSEWU – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekan RI ke-71 di Kabupaten Pringsewu, masyarakat Pekon Waluyojati, Kecamatan Pringsewu menggelar kegiatan seni hiburan kuda lumping alias kuda kepang di balai desa pekon setempat, Minggu (21/8/2016).

Acara tersebut diawali dengan penyerahan piala lomba sepeda hias, serta lomba hiburan rakyat lainnya, di antaranya lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba kelereng, tarik tambang dan beberapa lomba lainnya. Penyerahan hadiah tersebut dilakukan oleh ketua panitia didampingi aparat Pekon.

Setelah itu digelar hiburan kuda kepang yang menampilkan grup seni Turonggo Seto dari Pekon Karangkembang Margakaya, Kabupaten Pringsewu. Ilham Akbar, tokoh pemuda sekaligus ketua panitia pelaksana acara mengatakan, acara ini digelar sebagai salah satu upaya memeriahkan kemerdekaan.

“Pesta yang kita adakan ini pesta rakyat untuk memeriahkan 17 Agustus yang merupakan Hari Ulang Tahun RI ke-71. Jadi kita memeriahkannya dengan permainan dan dihibur dengan organ tunggal dan kesenian kuda kepang,” katanya.

Saihu, anggota panitia penyelenggara mengatakan pertunjukan ini sebagai salah satu wujud kontribusi pemuda untuk meramaikan perayaan HUT ke-71 RI.

“Kami masyarakat Waluyojati khususnya para pemuda meramaikan bersama teman-teman yang lain. Kontribusi kami ya seperti ini, sekaligus ajang promosi budaya kita ke masyarakat. Supaya tetap dikenal,” jelasnya.

Selain berbagai macam perlombaan, pertunjukan tersebut menjadi salah satu daya tarik warga yang datang.

“Ya mau liat perlombaan, sama liat kuda kepang. Kan ramai, ada yang anak-anak, remaja, macam-macam. Ada kuda kepang, walau kadang ada sisi sakralnya yang bisa dibilang ngeri, tapi saya menikmati. Buat ramai-ramai aja sama teman-teman,” kata Fitri, salah satu penonton.

Nunung, warga Pekon Waluyojati yang juga sengaja datang untuk menyaksikan ramainya perayaan HUT RI di desanya.

“Sengaja saya datang bersama keluarga untuk ikut menyaksikan berbagai pertunjukan yang ditampilkan. Saya datang bersama anak sama suami. Kan ramai, banyak pertunjukan, saya juga sempat ikut di beberapa perlombaan, itung-itung sekigus liburan,” terang ibu dua anak itu.(fid)

 

LEAVE A REPLY