Massa GMBI Tuntut Rekanan Diskes Pringsewu Lunasi Utang Pembangunan Puskesmas

0
723
Demo, LSM, Pringsewu,
Massa LSM GMBI berunjuk rasa di depan Dinkes Pringsewu.

RUBRIK, PRINGSEWU – Massa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar unjuk rasa di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, Kamis (27/4/2017).

Grand issue yakni adanya dugaan penipuan proyek Dinas Kesehatan melalui rekanan yaitu PT Delta Gumilang Perkasa dan PT Nata Abadi.

Kordinator aksi, Roni menyebutkan bila dalam pembangunan beberapa Puskesmas di wilayah Pringsewu oleh PT Delta Gumilang Perkasa tahun 2016 telah selesai dikerjakan, namun bahan bangunan jenis keramik milik Toko Jumadi, Toko Kyan Jaya Keramik yang berlokasi di Jalan Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo, belum dibayar oleh pihak rekanan tersebut.

“Kami LSM GMBI ingin minta klarifikasi kepada Dinas Kesehatan, setelah kami melayangkan surat No: 017/LSM/-GMBI/DlS-PRING/ IV/2017 dan No: 018/LSMGMBI/DIS/PRING/lV/2017 tapi hingga saat ini belum ada penjelasan dari dinas setempat,” ujar Roni.

Pada orasinya, massa juga meminta fasilitas umum rumah sakit pemerintah, swasta sampai puskesmas diperbaiki dengan baik oleh Dinas Kesehatan.

Setelah berkoordinasi, selanjutnya lima perwakilan LSM GMBI dipersilakan masuk oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Purhadi didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Jarwo Sutikno.

Purhadi menyampaikan bahwa akan memfasilitasi permasalahan antara rekanan maupun pihak-pihak yang belum menerima pembayaran material pembangunan.

Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, Kabag Ops Kompol Aditya Kurniawan mengatakan, 50 massa LSM GMBI dengan koordinator lapangan (Korlap) Roni, bergabung pada titik kumpul Pendopo Pringsewu, kemudian bergerak ke Kantor Dinas Kesehatan Pringsewu menggunakan kendaraan dengan pengawalan Satuan Lalu Lintas untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Kami terjunkan personel pengamanan guna memastikan kegiatan berjalan aman dan lancar. Pengamanan unjuk rasa massa LSM GMBI berakhir pada jam 11.00 WIB. Massa meningggalkan tempat dalam keadaan aman dan kondusif,” jelas Kompol Anditya Kurniawan.(fid)

LEAVE A REPLY