Tim Sidak Pasar Pringsewu Temukan Pacar Cina Berpewarna Tekstil

0
889
Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Pringsewu Saat Melakukan Sidak Di Pasar Pringsewu,Selasa (13/06/2016)

RUBRIK, PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu menerjunkan tim inspeksi mendadak (sidak) pasar, dalam rangka memantau harga kebutuhan bahan pokok dan memantau kesehatan dan keamanan pangan, Senin (13/6/2016).

Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Pringsewu selaku pemimpin sidak mengatakan, kegiatan ini melibatkan sejumlah satuan kerja terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pasar, Satpol PP, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan Pringsewu.

Sidak di antaranya mengecek daging, buah dan sayuran. Mereka dilengkapi dengan rapid test kit (alat uji cepat) yang digunakan untuk mengetahui kandungan kimia dan mikrobiologi berbahaya secara cepat (kualitatif)  dalam makanan dan minuman.

Setelah tim sidak menguji sampel bahan makanan dengan alat uji cepat, tak disangka terdapat bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya di salah satu penjual makanan di Pasar Induk Pringsewu tersebut.

Menurut Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Pemkab Pringsewu Junaidi Hasyim, barang yang ditemukan mengandung bahan berbahaya yaitu pacar cina. Menurutnya, pacar cina tersebut mengandung rhodamin B (zat pewarna sintetis yang biasa digunakan pada industri tekstil dan kertas).

“Setelah kita kita telusuri dan kita ambil sample makanan, kita lanjutkan pengujian dengan rapid test kit di tempat, terdapat makanan yang  mengandung zat pewarna tekstil, rhodamin B,” ungkap Junaidi.

Atas temuan ini tim dari Pemkab Pringsewu akan menelusuri asal bahan makanan tersebut, dan nantinya apabila produksi pembuat makanan tersebut berada di wilayah Kabupaten Pringsewu, selanjutnya akan segera dilakukan pengawasan dan pembinaan.

Selain penyisiran di Pasar Induk Pringsewu, tim sidak juga memeriksa beberapa makanan dan minuman yang berada di Supermarket Candra Pringsewu dan beberapa minimarket yang berada di Kecamatan Pringsewu.(*)

LEAVE A REPLY