Pemkab Lamteng Akan Bantu Penyelesaian Ganti Rugi Lahan Jalan Tol Trans Sumatera

0
632

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah akan membantu penyelesaian permasalahan pergantian lahan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang belum selesai di wilayah Kampung Gunungsari, Gunung Sugih, dan Seputih Jaya.

Belum selesainya pergantian lahan warga ini disebabkan karena harga yang ditentukan oleh panitia tim apresial tidak sesuai dengan harga yang wajar. Untuk itu, masyarakat mengajukan keberatan sehingga proses pembangunan belum dapat dilaksanakan.

“Ini karena harga yang ditentukan oleh tim apresial tidak wajar makanya masyarakat  menolaknya,” uungkap Wakil Bupati Loekman Djoyosoemarto, Rabu (8/2/2017).

Untuk itu, Loekman meminta pihak panitia tim apresial dihadirkan dalam pertemuan ini karena pokok permasalahan tim apresial yang telah membuat keputusannya terkait harga tidak sesuai dengan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) yang ada.

“Ada kendala di lapangan seperti masalah besaran dari penetapan ganti wajar dalam pembebasan lahan, sekarang ini tidak ada lagi menggunakan sistem ganti rugi seperti dulu tanpa mempertimbangkan keadaan daerah dan  mempertimbangkan NJOP,” jelasnya.

Saat ini pembebasan lahan hanya ditentukan oleh tim apresial. Di dalam pengerjaannya ada ketimpangan dari besarnya nilai ganti rugi, seperti lahan yang bersebelahan berbeda nilai ganti rugi, ini karena tim apresial tidak hanya satu grup.

“Inilah yang menyebabkan nilai yang berbeda-beda, oleh karena itu pemkab akan membantu untuk menyelesaikan masalah ini,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY