Membangun Kerukunan Umat Beragama Bandarjaya

0
80
Berita lamteng, Media Lampung, Uskup Lampung

RUBRIK, LAMTENG – Di hari perayaan Syukur yang ke 50 tahun Gereja Katolik Paroki Santa Lidvina Bandar Jaya, berkomitmen akan selalu hidup rukun sesama manusia. Dalam perayaan syukur ke 50 Tahun ini dihadiri oleh Uskup  Pemimpin Umat Katolik Se-Lampung asal Tanjungkarang Yohanes Harun Yuwono.

Hadir juga Camat Terbanggi Besar  beserta Tokoh lintas Agama dan Tokoh Adat dan tokoh masyarakat Bandar Jaya, Minggu, (30/12/2018).

“Kami selama ini mendorong umat Katolik untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari warga masyarakat dan ini harus di mulai dari pembangunan keluarga,, kalau keluar baik maka jika keluar dan bertemu dengan orang lain dengan niat dan perbuatan yang baik. maka tema perayaan dimanapun selalu tidak pernah lepas dari keluarga” ujar Uskup  Mgr.Yohanes Harun Yuwono.

Di Kesempatan yang sama mewakili Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, Camat Terbanggi Besar Fathul Arifin menegaskan, perbedaan adalah warna keindahan yang harus tetap dijaga, sebagai implementasi kebhinekaan Indonesia.

“Kita kuat karena kita berbeda, dan adalah bukti nyata kebersamaan walaupun kita berbeda keyakinan ,tapi justru karena perbedaan itu kita kuat dan perbedaan itu suatu keindahan.Bahwa diluar itu ada bahasa kita harus rukun hidup berdampingan dan nyaman ini bisa jadi contoh nyata.karena di sini saya melihat para warga yang berbeda keyakinan ikut hadir dan membantu. Dan ini sesuai dengan moto Bupati kita Loekman Djoyosoemarto Satu Niat, Satu Langkah, satu Suara  dan Satu tujuan yang dibingkai dengan gotong royong kita maju bersama demi kemajuan Lampung Tengah tanpa batasan yang membeda-bedakan Suku, agama untuk kejayaan,”ujar Fathul.

Salah satu Tokoh Agama Islam di Bandar Jaya, H. Salim yang hadir dalam acara ini mengatakan, kalau selama ini masyarakat khususnya di Bandar Jaya sangatlah bertoleransi antar semua umat Agama.

“Memang selama ini di lingkungan kita rukun, artinya jika umat Katolik merayakan Natal kita yang menjaga begitu pula sebaliknya jika kita merayakan Idul Fitri dan Idul Adha mereka yang membantu menjaga .Hal ini memang kita bina, yang penting sama sama beribadah. ini sudah terbina cukup lama tanpa pernah ada pergesekan” tutup Hi.Salim yang ketua Masjid Al Hilal Bandar Jaya Timur.(Tedy)

LEAVE A REPLY