Bupati Lamtim Hibah Bangunan Bank Sampah dan Serahkan Motor Bank Sampah

0
126

RUBRIK, PURBOLINGGO – Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, menyerahkan hibah bangunan 5 unit Bank Sampah dan hibah 11 unit sepeda motor sampah yang dilaksanakan di Bank Sampah Artha Jaya Kesuma, Desa Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo, Senin (31/12/2018).

Hadir pula dalam acara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Permukiman dan Pertanahan, Datang Cahaya Hartawan, Camat Purbolinggo, Akih Sunaryo, Camat Pekalongan, Purwadi, Camat Sekampung, Suparman, Camat Labuhan Maringgai, Cen Suatman, Camat Jabung, Hendri Gunawan, Camat Gunung Pelindung, Siswanto, serta Kepala Desa se-Kecamatan Purbolinggo.

Dengan mengangkat tema “Melalui Pengembangan Kapasitas Pengelola Kelembagaan Bank Sampah Kita Tingkatkan Peran Masarakat Dalam Aspek Pengurangan Timbulan Sampah” itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup, Permukiman dan Pertanahan berharap Bank Sampah lebih aktif lagi.

Dengan menyerahkan bantuan 11 unit sepada motor sampah (Bentor) kepada sebelah penerima bank sampah antara lain, Bank Sampah Tampung Lestari, Bangkit Merdeka, Sari Makmur Cemerlang, Jaya Guna, Jaya Guna II, Giat Raharja, GSB Makmur, Alam Lestari, Rumah Pengomposan Tani Maju, dan dua unit motor untuk Pasar Desa Sri Menanti.
Selain itu Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga memberikan bantuan 5 unit bangunan bank sampah kepada Bank Sampah Sari Makmur, Artha Jaya Kesuma, Forum Silaturahmi Pemuda Jojog, Berkah, dan Kartini Terpadu.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyampaikan, “Saya berterimakasih karena kegiatan-kegiatan semacam inilah secara tidak langsung lingkungannya terjaga dan kegiatan positif bagi pemuda maupun bagi masyarakat luas karena akan jadi perduli lingkungan karena tidak akan membiarkan sampah-sampah yang bisa bernilai berserakan di sekitar rumah sehingga secara tidak langsung akan terjaga kebersihan lingkungannya,” katanya.

Dia menjelaskan, selain monitoring dan evaluasi, dia menyarankan dalam waktu yang dekat 2019 ini sosialisasi ditempat-tempat yang baru juga diperlukan, selain itu perlu adanya rumus untuk membangun sebuah bank sampah sehingga jika ada yang ingin membuat bank sampah mengerti langkah awal nya seperti apa, misalnya harus tau titik komunitas nya dahulu, fungsinya apa, manfaatnya apa dan lain sebagainya.

Sampai saat ini Kabupaten Lampung Timur telah memiliki bank sampah sebanyak 28 unit. Chusnunia berharap untuk desa lain yang belum memiliki bank sampah agar segera membuatnya sehingga lingkungan dapat terjaga.

“Bagi yang didesanya belum ada segera untuk mau dan perduli untuk bikin bank sampah juga, mungkin dengan cara mengadakan studi banding ke desa yang sudah memiliki bank sampah atau mungkin bisa dengan cara desa yang sudah ada dan maju bank sampahnya diajak ketemu warga desa yang belum ada kegiatan bank sampahnya untuk ditularkan,” tuntasnya. (yus)

LEAVE A REPLY