Kota Metro Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Sai Bumi Ruwai Jurai 2018

0
92
Metro, Penghargaan Pbangunan Terbaik Kota Metro
Walkot Metro Achmad Pairin bersama Menteri Dalam Neger Tjahjo Kumolo

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro meraih penghargaan terbaik pada pembangunan daerah Sai Bumi Ruwai Jurai (PPD-Saburai) dalam kategori Kota se-Provinsi Lampung, Rabu (11/4/2018).

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Walikota Metro Achmad pairin pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung dalam rangka Penyusunan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 di Ballroom Swiss Belhotel Bandar Lampung.

Menurut Tjahjo, Musrenbang tahun 2018 dilaksanakan sebagai dasar acuan untuk program pembangunan tahun 2019 yang harus disusun dengan memperhatikan kebijakan arahan pemerintah pusat dan juga memperhatikan usulan-usulan kabupaten dan kota se-Lampung.

“Selain itu juga untuk menampung usulan-usulan pemerintah kabupaten/kota yang diselaraskan dengan program pusat. Musrenbang juga membahas prioritas kerja antar kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi. Apa yang diusulkan oleh kabupaten/kota dapat bersinergi dan selaras dengan program provinsi dan bisa dibiayai melalui anggaran APBD 2019,” terangnya.

Sementara Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno menyampaikan, rancangan akhir RKPD 2019 akan menguraikan tentang permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program/kegiatan prioritas pembangunan, indikator program/kegiatan, lokasi, dan pagu indikatif berdasarkan OPD provinsi yang dipilah sumber pendanaannya dari APBD Provinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya.

“Guna mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan partisipasi semua pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan. Oleh karenanya, koordinasi, integrasi, inkronisasi, dan sinergi (KISS) antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan bersama untuk mencapai target yang lebih baik,” jelas Didik.(*)

LEAVE A REPLY