Dinas Ketahanan Pangan Pringsewu Sosialisasikan Cara Mengolah Jajanan Anak yang Baik dan Aman Konsumsi

0
526
Pringsewu
Kadis Ketahanan Pangan Pringsewu mberikan materi.

RUBRIK, PRINGSEWU – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu menggelar sosialisasi kegiatan Pembinaan Penjualan Jajanan Sekolah Dasar Tahun 2017, yang dilaksanakan di Laboratorium Proteksi Hama dan Tanaman di Jalan Lintas Barat, Wates, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Selasa (29/8/2017).

Sebanyak 100 orang penjualan jajanan anak sekolah dasar (SD) yang kebanyakan ibu-ibu hadir dalam kegiatan sosialisai tersebut, dengan materi pengelolaan jajanan anak yang baik dan aman dikomsumsi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu Tabrani Mahfi mengatakan, sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pedagang jajanan anak SD tentang pentingnya kondisi pangan yang aman dikonsumsi.

“Diharapkan jajanan yang akan di konsumsi terhindar dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia khususnya olahan atau jajanan di SD,” terangnya.

Tabrani juga berharap agar penjualan makanan yang higenis, tidak menggunakan bahan tambahan pangan yang tidak diperbolehkan.

“Seperti bahan pewarna kain, formalin dan lain lain. Dan para penjual makanan ini diharapkan ikut bertanggung jawab terhadap makanan yang dijual kepada anak anak, agar anak yang mengkomsusinya aman dan tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mendukung diselenggarakannya kegiatan sosialisasi dan pembinaan tersebut, yang dikhususkan bagi para penjual jajanan anak anak.

“Ke depan diharapkan para penjual makanan ini dapat berjualan jajanan yang memenuhi kaidah-kaidah keamanan pangan, mengingat banyaknya anak anak sekolah, khususnya di sekolah sekolah dasar yang menyukai jajanan yang banyak dijual di sekitar sekolah,” katanya.

Selain itu, lanjut Sujadi, para penjaja jajanan anak sekolah perlu juga memahami konsep keamanan dan sanitasi pangan selama mengelola, menyajikan dan menyipan pangan, agar keamanan pangan yang dijual dapat selalu terjaga.

“Dengan mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, diharapkan kualitas SDM di Kabupaten Pringsewu ini dapat terus terjaga dan terus meningkat,” pungkasnya.(FD)

LEAVE A REPLY