Dewan Riset dan Dinas Peternakan Kembali Godok Wacana Kampung Ternak Terpadu di Lamteng

0
497
DRD,Litnamgda,Agus
Rapat Kampung Ternak Terpadu

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terus berupaya dalam mewujudkan daerah penghasil daging. Hal ini ditempuh pemerintah untuk menciptakan Lampung Tengah sebagai sentra penghasil daging khususnya sapi.

Dalam mewujudkan hajatnya tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung tengah melalui Dewan Riset Daerah (DRD) terus menggodok wacana Kampung ternak terpadu untuk menciptakan swasembada daging di kabupaten ini.

Penggodokan wacana tersebut dilakukan dalam rapat pembahasaan kampung ternak terpadu yang dilaksanakan oleh DRD dengan Dinas Peternakan dan Perikanan di Kantor Litbangda, Selasa (23/5/2017),

Anggota DRD Syario Tantalo mengatakan, kampung ternak terpadu nantinya akan menciptakan badan usaha milik desa dengan menciptakan koperasi kelompok ternak dengan menggandeng rekan kerja seperti perusahaan-perusahan sapi yang ada di Kabupaten Lampung Tengah seperti, PT GGPC, PT Santory, Biff, dan lainnya.

Diharapkan setelah adanya jalinan kerjasama dengan para pengusaha besar tersebut para peternak sapi di Kabupaten Lampung Tengah dapat mengembangkan usahanya dengan mudah sehingga wacana kampung ternak dapat terwujud.

Selain itu, untuk mendukung kesuksesan program kampung ternak di Lampung Tengah ini menurut anggota DRD Marselina, perlu adanya perhitungan yang matang seperti kerugian petani yang harus diperhitungkan, seperti karena adanya gangguan keamanan, dan sumberdaya manusia peternak yang belum siap.

Untuk itu, lanjut dia, dalam menjaga keamanan ternak Marselina berharap dalam hal ini program ronda Bupati Mustafa tentunya dapat diandalkan. Sedangkan mengenai SDM, para peternak nantinya perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan secara matang untuk mensukseskan dan meminimalisir kerugian dalam pengembangan kampung ternak.(*)

LEAVE A REPLY