Penyampaian LKPJ Wali Kota 2020, Realisasi Anggaran Tahun 2020 Kota Metro Melampaui Target

0
145
Infi Metro, Media Kota MEtro, DPRD Metro, Ketua DPRD Metro, Portal Lampung. Info MEtro
Ketua DPRD Kota Metro Tondi Nasution Membuka Pelaksanaan Sidang Paripurna LKPJ Wali Kota Metro Tahun 2020.

RUBRIK,LAMPUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Metro menggelar Sidang Paripurna laporan Keterangan Pertanggung Jawaban LKPJ Walikota Metro tahun 2020

Sidang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Metro Tondi MG Nasutioan.

Siidang Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Walikota Metro tahun anggaran 2020 berlangsung di gedung DPRD berjalan lancar,Selasa (30/03/2021).

Sidang Paripurna yang dibuka langsung oleh  Ketua DPRD Metro Tondi MG Nasution diikuti sejumlah anggota dewan dan jajaran Forkopimda Kota berjuluk Bumi Sai Wawai.

Paripurna juga dihadiri langsung oleh Walikota Metro Wahdi beserta wakil Walikota Metro Komaru Zaman.

Acara Sidang dilanjutkan dengan pembacaaan LKPJ- APBD  Wali Kota Metro tahun 2020 oleh Walikota Kota Metro Wahdi.

LKPJ Wali Kota Metro, merupakan pertanggungjawaban program kerja yang telah berjalan selama periode tahun sebelumnya.

sidang tersebut memaparkan hasil pendapatan dan belanja daerah selama tahun anggaran 2020.

Penyampaian LKPJ Wali Kota 2020 merujuk peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Berdasarkan hal tersebut Wali Kota Metro Wahdi Sirajudin memaparkan pendapatan dan belanja daerah selama tahun 2020.

Secara umum realisasi anggaran 2020 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, namun dengan beberapa catatan terkait pos anggaran di masa pendemi covid 19.

Wali kota wahdi Sirajuddin menyebut, LKPJ tahun anggaran 2020 merupakan laporan proses lanjutan yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016 hingga 2021.

Diketahui, LKPJ 2020 merupakan rangkaian program kerja yang telah berjalan di masa transisi era kepempinan di kota metro.

Realisasi anggaran tahun 2020 melampaui target yang ditentukan yakni mencapai 100,95 persen.Jumlah ini merupakan jumlah akhir kalkulasi yang semula ditarget dari 909 miliar lebih naik menjadi 917 miliar lebih.

Kontribusi dana perimbangan menjadi penyumbang persentase terbesar dengan jumlah 62,31 persen disusul pendapatan asli daerah sebesar 24,15 persen serta pendapatan lain yang sah sebesar 13,54 persen.

Dari pencapaian tersebut/ sisi belanja daerah pada anggaran perubahan diproyeksikan naik sebesar 0,11 persen.

Kebijakan refocusing anggaran untuk penanganan covid menjadi fokus pemerintah dalam kurun satu tahun terakhir.

pos anggaran kesehatan menjadi salah satu penyumbang terbesar penggunaan dana dari total pad 2020.

Berdasarakn laporan keuangan pertanggungjawaban LKPJ 2020 yang disampaikan Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin anggaran kesehatan menghabiskan sekitar 207 miliar rupiah dari total 971 miliar rupiah lebih.

jumlah itu berada di posisi kedua setelah belanja pegawai.

Pencegahan dan penanganan virus corona di masa pandemi covid 19 menjadi salah satu faktor meningkatkan pos pengeluran anggaran dari sektor kesehatan.

Pemerintah Kota Metro saat ini terus berupaya menggenjot peningkatan PAD dengan memfaslitiasi pasar kreatif umkm yang dikelola masyarakat.pemulihan ekonomi menjadi target dikebut untuk menjaga stabilitas PAD di Kota Metro.

Sementara penggunaan pos anggaran pendidikan menyerap 98,08 persen. selama tahun 2020, anggaran urusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan dalam 6 program dengan 109 kegiatan.Dari total anggaran 50 miliar lebih terserap sebesar 49 miliar lebih.

DPRD Metro terus mendorong pemerintah mengoptimalkan peningkatakan penerimaan pendapatan asli daerah atau PAD.

Wakil rakyat  meminta pengelolaan alokasi anggaran harus dilakukan secara bijak mengiat  perubahan kebijakan pos anggaran di masa pandemi covid 19.

Dewan menegaskan penggunaan PAD harus menyasar langsung ke masyarakat.Pemerintah dimita untuk selektif menetapkan program pembangunan skala prioritas yang pro rakyat dan sesuai dengan situsasi saat ini.(Adv)

LEAVE A REPLY