Jangan Buang Kulit Pisang, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

0
1446
Kulit pisang. |ist

Rubrikmedia.com, Kesehatan – Selain daging buahnya yang kaya vitamin, ternyata pisang juga memiliki manfaat pada bagian kulitnya, termasuk mempunyai khasiat bagi kesehatan.

Buah yang bisa ditemui hampir seluruh kawasan Indonesia ini, dapat dijadikan obat tradisional untuk meredakan sakit kepala. Hal tersebut bukan isapan jempol belaka, ini merupakan fakta yang didapat dari hasil penelitian.

Dilansir dari boldsky.com, kulit pisang ternyata berkhasiat untuk mengobati sakit kepala.

“Untuk menggunakan pengobatan tradisional ini, kamu butuh selembar kulit pisang dan beberapa tetes minyak eucalyptus. Kemudian setelah menemukan kedua bahan tersebut, usapkan minyak eucalyptus di kepala sambil dipijat. Setelah itu tempatkan kulit pisang dengan bagian dalam yang menempel di kepala. Lalu diamkan sekitar 20-30 menit,” terang penelitian ini.

Penelitian ini menjelaskan bahwa kulit pisang memiliki efek pendinginan alami serta sarat akan kalium. Kalium sendiri bermanfaat untuk mengurangi peradangan di kepala yang menjadi penyebab sakit kepala. Sementara minyak eucalyptus bersifat anti inflamasi serta bisa menenangkan saraf yang tegang.

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling umum. Meskipun terdengar biasa, namun serangan sakit kepala mampu menghambat aktivitasmu. Sebab dalam kasus yang ekstrim, sakit kepala bisa membuat pandangan mata jadi kabur dan nyeri yang tidak tertahankan.

“Pengobatan sederhana ini juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala yang terkait karena sinusitis.”(*)

Nah, kalau anda mengkonsumsi pisang jangan buru-buru buang kulitnya ya.

LEAVE A REPLY