Waspadai Oknum Wartawan Mengatasnamakan Pers

0
1035
Seminar Jurnalis.Diskusi Publik, Pers Metro, Pengurus PEI Provinsi Lampung
Narasumber Diskusi Jurnalis

Rubrik,Metro – Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro menggelar diskusi publik sosialisasi jurnalistik, diskusi yang menghadirkan pengurus PWI Provinsi Lampung Wakbid Pembelaan Wartawan Junardi dan Wakabid Pendidikan PWI Provinsi Lampung Wira Hadikusuma, dihadiri oleh sejumlah tenaga pendidik se Kota Metro, Rabu (09/09/2020).

Dalam diskusi tersebut, Wira Hadi Kusuma mengupas terkait keabsahan sebuah perusahaan media yang sudah diakui oleh Dewan Pers,menurut wakabid Pendidikan PWI Provinsi ini, suatu perusahaan Pers harus wajib memenuhi persyaratan yang sudah di tentukan oleh peraturan Dewan Pers, seperti  Legalitas Perusahaan harus Perusahaan Terbatas (PT) dan berbadan hukum yang di keluarkan oleh Kemenkumham Republik Indonesia (RI).”Perusahaan Pers itu harus berbadan hukum PT, ketika tidak berbadan PT dan tidak mempunyai kator maka dia bukan media, dan Dewan Pers terus melakuan verifikasi terhadap perusahan-perusahaan yang baru mulai terbit,” terang Wira.    

Sedangkan  Juniardi dalam diskusi publik sosialisasi Jurnalis yang mengambil tema peran media dan jurnalis memajukan  Kota pendidikan. Menjelaskan terkait ke profesionalan seorang Jurnalis dan kode etik penerbitkan sebuah berita.

Menurut Juniardi pekerja Pers yang patut di waspadai adalah oknum yang mengatas namakan wartawan dengan meminta imbalan saat melakukan peliputan, dan membuat berita tampa konfirmasi terlebih dahulu terhadap nara sumber.

Wakabid Bidang Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Lampung ini juga menjelaskan kepada tenaga didik yang hadir dalam diskusi tersbut, selain perusahaan media harus terdaftar di Dewan Pers,  wartawan saat ini juga harus mengantongi kartu Uji Kopentensi.”Kenapa Dewan Pers melakukan verifkasi kepada perusahan-perusahan media, karena untuk mengantisipasi maraknya media pers yang menjamur, jadi nanti media –media yang terverifikasi dan wartawan yang lulus ujian kopetensi akan terdaftar di dewan Pers,jelas Juniardi.

LEAVE A REPLY