Paslon Berhalangan Permanen Bisa Diganti Dan Tidak Gugur

0
1127
KPU Metro, Berita Kota MEtro
Komisioner KPU Kota Metro Tony Wijaya

RUBRIK,LAMPUNG – Pasangan calon kepala daerah yang terkendala akan  pasangan calon nya mendapati musibah atau tidak dapat melanjutkan setelah di tetapkan oleh Komsi Pemilihan Umum (KPU) sebagai paslon  bisa mengganti pasangannya dan  melajutkan sebagai kandidat calon sebagai kepala daerah.Hal tersebut Megkrucut pada peraturan PKPU  No 09 tahun 2020 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati , atau wali  kota dan wakil wali kota.

Komisioner KPU Kota Metro  divisi teknis ,Toni Eijaya  saat ditemui .Selasa (08/09/2020). Menjelaskan.  terkait perubahan PKPU tersebut. Jika ada bakal calon yang sudah di tetapkan menjadi pasangan calon   namun terjadi musibah terhadap salah satu pasangan calonya. semisal meninggal dunia atau terjerat hukum  masih dapat melanjutkan sebagai kontestan di pemilihan  kepala daerah, baik gubernur dan wakil gubenur, bupati dan wakil bupati  serta wali kota dan wakil wali kota.”Paslon itu bisa diganti kalau dia berhalangan tetap atau di vonos hukuman yang ingkrah, berhalanga tetap ada dua makna yaitu meninggal dunia dan tidak beraktifitas secara permanen, jadi bisadi ganti kecuali tidak di ganti akan bisa menggugurkan pencalonan,”ujar Toni.

Jika bakal calon belum di tetapkan sebagai paslon dan mengalamai masalah serupa KPU akan memberikan  tenggang waktu  kepada pasalon untuk dapat mengganti bakal calon yang berhalangan tetap atau meninggal dunia, dengan waktu maksimal tujuh  hari terhitung  mulai dari salah bakal calon tersbut  dinyatakan berhalangan tetap sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon .Jika tidak digantikan maka bisa menggugurkan pencalonan.

Namaun  jika   pasangan bakal calon yang sudah di tetapkan sebagai pasangan calon  mengalami musibah  seperti hal nya  salah satu pasangananya berhalangan tetap permanen   bisa diganti dengan orang lain dengan masa tenggang waktu maksimal  tiga puluh hari sebelum pemilihan.

rubrikmedia

LEAVE A REPLY