Tim Penilai WTN Temukan Angkutan Kota Berbody Keropos di Kota Metro

0
564

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro menyambut kehadiran tim penilai Kementerian Perhubungan RI yang akan memaparkan hasil penilaian Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016 di Operating Room Setda Kota Metro, Selasa (30/8/2016).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Metro Achmad Pairin, Asisten 2 Sekda Kota Metro Khaidarmansyah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Metro, serta Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro terkait yang turut hadir.

Ketua Tim Penilai Kemenhub RI Farida menyampaikan, hal yang menjadi penilaian di antaranya mengenai sarana angkutan umum, prasarana, lalu lintas, pelayanan masyarakat, perencanaan, pendanaan, kelembagaan, sumber daya manusia, dan kehadiran.

Farida menyampaikan bahwa kondisi sarana angkutan umum di dalam penampilan angkutan kota cukup baik dan terdapat papan trayek dan jenis trayek, namun masih ditemukan angkutan kota dengan body keropos.

Dan mengenai fasilitas pejalan kaki secara umum sudah terbilang cukup baik namun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki di antaranya trotoar dibuat menerus, permukaan rata dan kesat serta landai, serta di area ruang pejalan kaki diusahakan terbebas dari PKL, timbunan material bangunan, dan aktivitas lain pada trotoar yang mengganggu kenyamanan pejalan kaki.

Farida menambahkan, dari hasil kunjungannya di terminal sudah dilengkapi dengan ruang tunggu penumpang, informasi trayek, namun belum dilengkapi dengan informasi tarif dan ruang informasi. Serta kondisi perparkiran di badan jalan yang belum dilengkapi dengan rambu dan marka, petugas parkir berseragam, dan tidak adanya papan informasi tarif parkir.

“Di dalam penilaian, kami harapkan bukan hanya piala saja yang dikejar, karena piala hanyalah wujud penghargaan, namun yang dikejar adalah peningkatan pelayanan dalam masyarakat. Kota akan maju jika ada dukungan dari dua kriteria yaitu di transportasi dan komunikasinya, namun hal tersebut tidak bisa dilakukkan sendiri, tetap dibutuhkan kerja sama dari berbagai instansi di antaranya Dinas PU dalam penyelenggaraan infrastruktur jalan, Dishub untuk perlengkapan jalan, Kepolisian di dalam penegakan hukum, Satpol PP untuk penertiban, dan Dinas Pertamanan dalam hal penghijauan,” ungkapnya.

Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim penilai.

“Penilaian ini adalah setiap tahun, saya setuju bahwa tujuan dari kegiatan ini bukan hanya mengejar piala, namun ilmu yang kita dapatkan. Adapun hasil penilaian kiranya kedepan dapat menjadi tolok ukur dalam penataan yang lebih baik lagi,” ungkap Pairin.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hasil penilaian tim Wahana Tata Nugraha oleh ketua tim kepada Walikota Metro, dan penyerahan plakat dan kenang-kenangan.(rls)

 

LEAVE A REPLY