Jadi Wilayah Sentra Ikan, Pemkab Pringsewu Lakukan Panen Raya 6 Ton Ikan Mas di Pagelaran

0
850

RUBRIK, PRINGSEWU – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Pringsewu melakukan Panen Raya Ikan Air Tawar Kelompok Petani Ikan Sinar Mas di Pekon Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Selasa (30/8/2016).

Kadis Koperindag dan UMKM Provinsi Lampung Prihartono mengatakan bahwa Pemprov Lampung terus berupaya mendorong tumbuhnya koperasi di wilayah Provinsi Lampung, termasuk dalam bidang perikanan seperti halnya Koperasi Mina Sinar Mas di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu, Bupati Pringsewu H Sujadi mengatakan, sejak dahulu Pringsewu telah menjadi sentra perikanan air tawar di Provinsi Lampung, terutama di Kecamatan Pagelaran.

“Pagelaran mampu memproduksi ikan berton-ton setiap harinya. Diharapkan harus bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Selain itu, Kabupaten Pringsewu juga telah menggalakkan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), dengan tujuan agar masyarakat cinta ikan, cinta memelihara ikan serta gemar mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sujadi berharap kegiatan Panen Raya Ikan seperti ini terus dikembangkan sebagai salah satu upaya untuk lebih memasyarakatkan makanan berbahan dasar ikan.

“Disamping upaya-upaya lainnya seperti melalui lembaga Forikan, serta mengembangkan produk olahan makanan yang bersumber dari ikan, seperti Abon Lele dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Pringsewu M Jusuf memaparkan, Kelompok Budi Daya Ikan Sinar Mas, saat ini memiliki kolam seluas tiga hektare yang tiap masa panennya menghasilkan hingga 20 ton ikan.

Menurutnya, pada panen raya kali ini tidak seluruhnya dipanen. “Kali ini hanya sekitar 6 ton ikan mas saja yang kita panen, dimana usia ikan tersebut berumur 4 bulan, dan per satu kilogramnya sekitar 5 hingga 7 ekor ikan mas,” jelasnya.

(rubrikmedia)

 

LEAVE A REPLY