Tertangkap Basah Curi Emas, Pemuda di Garut Bunuh Tetangganya Sendiri

0
1190
pencurian emas, bunuh tetangga sendiri, pencurian terencana, Garut
ilustrasi pencurian/ sumber:radarbekasi.id

RUBRIK, GARUT- Seorang pemuda berinisial AM (20) asal Garut, Jawa Barat tega membunuh tetangganya sendiri Uta (65) setelah mencuri emas seberat 9,5 gram.

Menurut Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut, AKP Maradona Amin Mappaseng mengatakan bahwa korban dibunuh saat tersangka AM melakukan pencurian emas 9,5 gram di kamar korban. Namun saat ditemukan kelurga tidak mengetahui jika Uta adalah korban pencurian karena saat ditemukan tidak ada luka akibat kekerasan.

“Setelah beberapa hari korban diketahui meninggal dan dimakamkan, keluarganya korban ini baru tahu kalau kalung emas yang biasa dipakai korban tidak ada. Atas hal tersebut, keluarga kemudian melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian,” ujarnya, Kamis (23/4).

Kemudian pihak keluarga yang telah melakukan pelaporan kepada kepolisian mendengar bahwa tersangka AM hendak menjual emas dan salah satu keluarga memiki kecurigaan terhadap AM. Ahirnya diketahui bahwa emas yang AM jual adalah kalung milik Uta yang hilang.

Kemudian tanpa adanya perlawanan apapun, pihak kepolisian Garut berhasil menagkap AM.

“Keluarga korban ini kemudian meminta emas tersebut kepada AM dengan alasan akan membantu menjualkan. Oleh AM emas tersebut pun diberikan,” jelasnya.

“Kita langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka AM. AM bisa ditangkap tanpa perlawanan dan kita bawa ke Mapolres Garut,” ungkapnya.

Dikutip dari Merdeka.com, Madona juga menceritakan bahwa saat pemeriksaan AM mengaku bahwa ia mencuri pada pukul 01.00 dini hari. Ia masuk kedalam rumah korban dengan mencongkel bagian pintu dapur rumah korban, namun saat AM hendak mencuri korban sempat terbanungun dan melakukan perlawanan.

“Saat aksinya dijalankan, rupanya korban bangun dan melakukan perlawanan. Pelaku ini kemudian langsung mencekik leher korban sampai meninggal dunia,” sebutnya.

Usai mengetahui korbannya tidak berdaya, AM pun langsung membawa lari kalung emas seberat 9.5 gram milik korban.

“Sekarang emas tersebut kita jadikan barang bukti karena belum terjual oleh tersangka,” ucap Maradona.

Karena aksinya tersangka dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara.

“Atas perbuatan AM, kita kenakan pasal 365 KUHP, dengan ancaman hukuman lima belas tahun kurungan,” tutupnya. (dw/us)

LEAVE A REPLY