Terkait Ceceran Minyak Mentah, Badan Lingkungan Hidup Pali Panggil Pihak Pertamina

0
123
Pipa Minyak bocor, Pertamina Pali

RUBRIK, PALI – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan (Sumsel) memanggil pihak PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field, terkait limbah minyak mentah yang mencemari air payau di wilayah Kecamatan Abab beberapa waktu lalu.

BLH menilai, mekanisme dan upaya pembersihan ceceran limbah minyak mentah yang dilakukan oleh pihak perusahaan pelat merah itu kurang maksimal dan tidak memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) sebaimana mestinya sesuai peraturan yang ada.

“Ya benar kemarin (Rabu 2/5/2018) kita panggil pihak PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field untuk mempertanyakan sejauh mana proses pembersihan limbah minyak yang mencemari air payau di kebun warga,” ujar Kepala BLH Kabupaten Pali, Yuhairudin saat dikonfirmasi, Kamis (3/5/2018).

Mengapa demikian, karena menurut Yuhairudin, pihaknya mendapat laporan bahwa sampai sekarang proses pembersihan limbah itu belum selesai karena pihak perusahaan hanya menugaskan beberapa orang pekerja dan menggunakan alat seadanya.

“Warga menguras sumur saja menggunakan mesin penyedot, masa perusahaan BUMN, membersihkan limbah minyak puluhan barel hanya menugaskan beberapa tenaga kerja dan menggunakan manual, ini tidak masuk akal, semestinya pihak perusahaan menggunakan vacum truck dan alat berat,” tegasnya.

Tetapi setelah kita panggil, lanjutnya dalam pertemuan tersebut pihak perusahaan bersedia dan siap untuk membersihkan limbah minyak mentah itu dengan cara yang diterapkan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup sesuai SOP,” jelasnya.

Sementara Legal and Public Relations PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field, Fedrick Roma, ketika dikonfirmasi mengaku sejauh ini tidak mengetahui jika ada pertemuan antara pihak Adera dengan BLH tetapi meski demikian ia akan tanyakan hal itu ke pihak HSE.

“Pertemuan terkait apa Pak? Saya cek dulu ke bagian terkait ya. Kalau dari LR tidak ada. Ok nanti saya tanya ke HSE kami,” singkat Fedrick melalui WhatsApp pribadinya, Kamis (3/5/2018).(Purba)

LEAVE A REPLY