Pemkab Akan Evaluasi Keberadaan Rumah Karaoke

0
588

RUBRIK, LAMPUNG TIMUR – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) bakal melakukan  evaluasi tentang keberadaan rumah karaoke yang ada di wilayah Lamtim.
Menurut Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Lamtim Muhidi, seiring perkembangan perekonomian masyarakat yang terus meningkat, ikut memacu laju investasi di Lamtim. Salah satunya usaha di bidang rumah karaoke yang semakin menjamur di Lamtim.

Menurutnya, berdasarkan hasil pendataan rumah karaoke di Lamtim ada sekitar empat yang tersebar antara lain di Kecamatan Wayjepara, Kecamatan Matarambaru, Kecamatan Way Bunggur, dan Kecamatan  Sekampung Udik.

Muhidin mengatakan, hingga saat ini Lamtim belum memiliki peraturan daerah (perda) tentang usaha rumah karaoke tersebut. Karenanya, hingga sampai saat ini keberadaan usaha karaoke yang ada di Lamtim belum dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD).

“Tanpa adanya perda maka Pemkab Lamtim belum dapat menarik retribusi dan pajak terhadap usaha karaoke tersebut,” jelas Muhidi.

Muhidin menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan kerja terkait dalam hal ini Bagian Hukum dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata guna mengevaluasi perizinan usaha karaoke yang ada di Lamtim.

Dia menambahkan, keberadaan karaoke memang dapat menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Karenanya, Pemkab Lamtim juga akan berkoordianasi dengan kabupaten/kota lain yang telah memiliki perda tentang karaoke.(*)

LEAVE A REPLY