Komisi D DPRD Kabupaten Batang Belajar Pengelolaan Sampah di Kota Metro

0
1078

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro menerima kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka koordinasi dan konsultasi dari komisi D DPRD Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung di Operating Room (OR) Setda Kota Metro, Rabu (24/8/2016).

Acara ini dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ketua Komisi D Kabupaten Batang Jawa Tengah beserta rombongan, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro terkait.

Dalam kunjungan kerja komisi D DPRD Batang menitikberatkan pada masalah pengendalian sampah dan standar operasional prosedur (SOP) perangkat daerah.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Batang Suudi mengatakan, permasalahan sampah Kabupaten Batang menjadi momok. Seperti dalam hal pengelolaan lahan yang diperuntukkan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kabupaten Batang belum bisa memaksimalkan dan memanfaatkan lahan. Selain itu dalam hal pengelolaan sampah belum bisa dikelola dan dimanfaatkan secara baik.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Metro, Yerri Noer Kartiko mengatakan, pengelolaan sampah di Kota Metro pada dasarnya belum dilakukan secara maksimal. Akan tetapi pemerintah terus mengupayakan tentang pengelolaan sampah.

Hal ini, lanjut dia, dapat dilihat dari diterbitkannya Peraturan Daerah No 3 tahun 2013 tentang Perlingkungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Perda No 8 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda tentang Kesehatan Lingkungan.

Yerri juga menjelaskan bahwa pengelolaan sampah di Kota Metro terbantu dengan adanya bank sampah, di antaranya 13 Bank Sampah di bawah pembinaan Lingkungan Hidup dan 20 Bank Sampah lebih yang dikelola oleh masyarakat.

Selain itu, adanya instalasi-instalasi pencacahan sampah plastik, dan juga adanya dukungan dari masyarakat untuk mengelola sampah dengan memanfaatkan sampah yang dapat di daur ulang dan menghasilkan.

Asisten I Masnuni menambahkan pengelolaan sampah di Kota Metro juga disosialisasikan melalui sekolah-sekolah untuk menambah wawasan serta kesadaran dalam pengelolaan serta pemanfaatan sampah.

Dalam kesempatan yang sama Pemkot Metro dan DPRD Kabupaten Batang saling memberikan cinderamata sebagai kenang-kenangan.(rls/kominfo)

LEAVE A REPLY