Ketua PHDI Imbau Umat Hindu Jangan Campuradukan Agama dan Politik

0
527
Bali Lampung, Ogoh -Ogoh Lamtim
Festival Ogoh Raman Utara Lampung Timur
RUBRIK, METRO – Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kota Metro Ketut Suwarso, mengimbau di tahun politik ini agar tidak mencampurkan urusan agama dengan politik.
“Kami dari Parisada mengimbau umat sedharma Kota Metro, untuk tidak akan mencampuri masalah agama dengan politik,” ucapnya saat diwawancarai awak media pada acara keagamaan Melasti di Dam Raman, Kota Metro, Jumat (16/3/2018).
Ketua PHDI ini menjelaskan bahwa agama adalah urusan pribadi dengan sang pencipta, dan ia menekankan untuk tidak mencampuradukannya dengan urusan politik.
“Agama konteksnya adalah pribadi atau individu kepada Yang Maha Kuasa, namun unsur politik itu kita tekankan sekali melalui Parisada ini tidak boleh ikut campur tangan, campur aduk dengan politik,” sambungnya.
Ia juga menekankan supaya berpolitik dengan santun sesuai pilihan dari diri sendiri tanpa adanya campur tangan pihak lain.
“Kita tekankan di dalam berpolitik itu santun, tidak mempengaruhi yang lain karena itu adalah hak asasi masing-masing individu,” tegasnya.
Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Metro memberi kebebasan kepada mereka untuk memilih sesuai keinginan, tanpa ada paksaan untuk memilih pasangan calon (paslon) tertentu.
“Silakan saja salurkan aspirasinya kepada yang mereka sukai (Cagub/Cawagub), jadi kita tidak akan menggiring, mengarahkan atau memprovokasi, kita umat Hindu sangat dilarang masalah agama dikaitkan dengan politik,” ucapnya.(Tito)

 

LEAVE A REPLY