250 Umat Hindu di Kota Metro Gelar Melasti di Dam Raman

0
815
Umat Hindu Metro, Ketut, Dam Raman
Perayaam Malesti di D Raman

RUBRIK, METRO – Pada tahun baru Saka 1940, Dam Raman yang sekarang kita kenal sebagai salah satu objek wisata andalan Kota Metro menjadi tempat digelarnya upacara Melasti dalam rangkaian kegiatan hari raya Nyepi.

Kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini ditujuka  kepada Yang Maha Kuasa untuk mensucikan seluruh umat Hindu agar dijauhkan dari hal-hal yang negatif.

“Tujuan utama kegiatan Melasti ini adalah untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan berkah, anugrah lahir dan batin untuk umat Hindu, serta dapat berprilaku baik dan harmonis dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang terakhir agar dapat membersihkan pikiran dan hati yang kotor sehingga hidup kita menjadi suci dan mendapat anugerah dari Yang Maha Kuasa,” kata Ketut Suwarso, ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Kota Metro, Jumat (16/3/2018).

Dalam upacara Melasti yang dikhususkan untuk masyarakat Kota Metro, ada sekitar 250 umat Hindu yang mengikuti acara tersebut.

“Jumlah jemaat umat Hindu yang turut serta ada sekitar 250 orang, khusus Kota Metro dan dipusatkan di objek wisata  Dam Raman Kota Metro,” sambungnya.

Pengamanan upacara Melasti melibatkan berbagai pihak, tidak hanya dari kepolisian saja.

“Pengamanan dilakukan oleh gabungan dari Polsek Metro Utara, Polres Metro, serta paguyuban Purwoasri bersatu dan masyarakat sekitar Dam Taman,” ucap Bay Haqi selaku Ketua Tim.

Harapan dari umat Hindu sendiri agar dapat mensucikan pikiran dan hati, dari kesucian itu diharapkan dalam kehidupan sehari-hari dapat berlandaskan ajaran dharma seperti yang dipercayai umat Hindu.(Tito)

LEAVE A REPLY