Kanal 1000 Meter Penagkal Banjir Segera Dibagun di TNWK

0
118
TNWK,Lampung Timur,Media Lampung,Taman Wisata Gajah,Portal Lamteng
Rancangan Pembnagunan Kanal Way Kambas.Gbr(18/07)
RUBRIK,LAMTIM-Petani yang memiliki lahan perbatasan dengan sungai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), mendapat angin segar.Sebab Pemerintah Provinsi Lampung akan membangunkan sebuah kanal penangkal banjir sepanjang seribu (1000) meter.
Sosialisasi mengenai pembangunan kanal penahan banjir sepanjang seribu meter disampaikan langsung oleh Kabid sarana prasarana Dinas Pertanian dan Hortikultura Propinsi Lampung Indri Atmoko di Balai Desa Brajaluhur, Kecamatan Brajaselebah, Lampung Timur Selasa (17/7/2018).
Dalam sosialisasi pembangunan kanal tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Lampung Timur Yusuf AR, Camat Brajaselebah Encen Suratman, Camat Labuhanmaringgai Ismail, dan sekitar lima puluhan petani desa setempat.
Kabid Sarana Pasarana Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Lampung Indri Atmoko dalam sambutannya menerangkan kepada puluhan petani yang hadir bahwa kanal akan dikerjakan pada Agustus 2018 sepanjang seribu meter.
Tujuan dibangunnya kanal penangkis banjir tersebut yaitu agar tidak lagi terjadi banjir yang berdampak merusak tanaman petani, khususnya sawah rawa yang ada di empat desa yaitu Desa Brajaluhur, Desa Brajakencana, Desa Brajaharjosari serta Desa Karanganyar.
Dalam sesi dialog petani berharap setelah terealisasinya kanal penangkis banjir terbangun petani bisa melakukan masa tanam dua kali dalam setahun.
Petani memimpikan pembangunan  penahan banjir ini sejak tahun 1982, sebab sawah rawa dimaksud sudah tercetak selama 36 tahun silam, namun kendala yang paling di keluhkan petani yaitu ancaman banjir dari luapan sungai TNWK, karena itujika kanal ini terbangun hingga 4 ribu hektare sawah akan terlindungi dari banjir musiman.(Gus)

LEAVE A REPLY