Dikes Metro Kenalkan CTPS Sejak Dini Dikalangan Pelajar SD

0
1422

RUBRIK, KOTA METRO – Tangan bersih untuk semua,  inilah tema  yang di gaungkan dalam acara memperingati hari Cuci Tangan Sedunia di Kota Metro. Kamis ( 24 /10 /2019).

Acara peringatan hari Cuci Tangan Sedunia di Kota Metro,  yang dilangsungkan di lokasi sekolah SD  Negeri 1 Metro Utara ini dibarengi juga dengan penilaian lomba UKS tingkat provinsi.

Pelaksanaan peringatan Cuci Tangan Sedunia  di Kota Metro ini dihadiri juga oleh Wali Kota Metro Ahmad Pairin, Wakil Wali Kota Metro Djohan , Pembina PKK Kota Metro Heriyati Pairin, kepala Dinas Kesehatan Kota Metro drg.Erla Adriyanti, dan unsur Forkopimda.

Dinas Kesehatn Kota Metro, Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia , Heriyati Pairin, SDN 1 Metro Utara
Ketua Pembina PKK Heriyati Pairin bersama pelajar dan petugas dari Ddina skesehatan Kota Metro melakukan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun .

Kedatangan wali kota beserta rombongan inipun  disambut antusias oleh siswa  dan   para dokter cilik asal sekolah SD Negri 1 Metro Utara. Sambil diarak  Wali Kota Metro besama rombongan menyambangi guru dan kader dinas kesehatan yang berada di acara gerakan cuci tangan bersama pakai sabun.

Rangakaian kegiatan tersebut ditandai dengan melakukan gerakan  cuci tangan bersama pakai sabun oleh  wali kota metro bersama rombongan dan para murid SD Negeri 1 Metro Utara.

Wali Kota Metro beserta rombongan juga disuguhkan atraksi para siswa –siwi SD Negeri 1 Metro Utara dengan melakukan gerakan tarian kesehatan, al hasil wali kota metro dan rombongan juga ikut melengak-lenggok mengikuti peragaan yang di tampilkan oleh para pelajar SD tersbut.

Usai melihat atraksi anak-anak SD kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan gerakan cuci tangan bersama, yang diperagakan langsung oleh Wali Kota Metro Ahmad Pairin dan para rombongan di hadapan pelajar SD Negeri 1 Metro Utara.

Dalam keterangan nya Achmad Pairin, meneyambut baik kegiatan gerakan cuci tangan pakai sabun besama ini, harapannya dengan kegiatan ini anak-anak bisa mengerti tetang tata cara bercuci tangan yang baik, selain itu orang nomor satu di Kota Metro ini menghimbau kepada dinas kesehatan untuk senantiasa menggandeng sekolah-sekolah melalui UKS nya untuk terus menggalakan cuci tangan pakai sabun, shingga pelaksanaan cuci tangan seperti ini tidak hanya terjadi hanya ceremonial saja.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro drg. Erla Adriyanti, menyamnpaikan bahwa pelaksanaan peringatan hari cuci tangan bersama, dengan tema Tangan Bersih Untuk Semua ini tujuannya ialah, agar semua masyrakat memiliki kesempatan untuk dapat melakukan dan membiasakan  cuci tangan, termasuk anak didik di sekolah.

info Metro, dokter gigi Erla , Kadis Kesehatan Kota Metro, Portal Berita Lampung
Kepala Dinas Kota Metro mendapingi Pembina PKK kota Metro Heriyati Pairin

Kadis Kesehatan Kota Metro juga mengatakan dengan dibiasakannya cuci tangan sejak dini dirinya berharap akan berdampak baik ketika mereka besar nanti sehingga  anak-anak tersebut nantinya terbiasa dengan hidup sehat, salahsatunya dengan membiasakan melakukan cuci tangan  memakai sabun.

” melalui UKS kita mengajak anak didik untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun sejak dini, sehingga para pelajar ini  akan mengatahui manfaat menjaga kesehatan yang dimulai dari sendiri dan akan terus terbiasa hingga dewasa nanti,” terang Erla.

Di sisi laian  ketua pembina PKK Kota metro Heriyati Pairin dalam kesempatannya, menghimbau kepada seluruh masyarakat  tidak hanaya anak sekolah untuk malkukan cuci tangan pakai sabun. Menurut Heriyati Pairin kesehatan merupakan hal penting bagi kehidupan  manusia itu sendiri,  bahkan ia berharap kedepan disetiap rumah warga Kota Metro tersedia tempat cuci tangan.”Gerakan mencuci tangan ini harus kita lakukan dari sejak dini, karena mencuci tangan ini memang kebutuhan sehari-hari dan harus kita awali sebelum kita melaksankan aktifitas agar kita bisa terhindar dari segala penyakit.” ujar Heriyati Pairin.

Tujuan jangka panjang sendiri dari dilaksankannya kegiatan cuci tangan bersama pakai sabun ialah menciptakan kebiasan hidup sehat yang berkesinambungan dikalangan masyarakat indonesia akan pentingnya cuci tangan pakai sabun sehari-hari, sehingga menjadi satu prilaku kesehatan di masyarakat.

Selain itu, dengan merapkan edukasi cuci tangan pakai sabun menjadikan seluruh lapisan masyarakat sebagai sasaran utama dan  menjadikan kaum muda sebagai langkah awal dalam mengenali pentingnya mencuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari. (rubrikmedia.com)

LEAVE A REPLY