Di Paripurna HUT Ke-6 PALI Gubernur Sumsel Singgung Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

0
1426
Kabupaten Pali, Media Pali, Info Pali , Paripurna HUT Ke 6 Pali, Heri Amalindo, Media Sumsel, Berita Pali
Gubenur Sumsel dan Segenap Jajaran DPRD, Bupati Pali dan Forkopimda dalam Paripurna Peringatan HUT ke -6 Kabupaten Pali.

RUBRIK, PALI – Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Menggelar rapat paripurna istimewa Hut ke-6 Kabupaten Pali.Senin (22/04/19).

Paripurna yang dilaksankan di gedung Arsondora komplek Pertamina, pendopo Kecamatan Talang Ubi di pimpin langsung oleh Ketua DPRD H Soemarsono, dan didampingi wakil Ketua 1 Devi Harianto, wakil Ketua 2 H. Darmadi suhaimi, dan dihadiri oleh 25 Anggota Dewan,Gubernur Sum -Sel H. Herman Deru , Bupati Pali, Heri Amalindo, para SKPD di lingkungan Pemkab Pali, FKPD, kapolers Muara Enim, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat serta tokoh Pemuda.

Dalam sambutanya H Soemaryono mengatakan, meski usia Kabupaten Pali baru Berusia 6 tahun, Kabupaten Pali saat ini sudah banyak yang di raih, salah satunya di bidang pembangunan infrasruktur jalan.prasarana pendidikan serta fasilitas kesehatan.

Diakui Soemaryono, awalnya PALI hanya mengandalkan bantuan pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten induk, total bantuan sebesar Rp15 Miliar setiap tahun selama dua tahun. Anggaran itu pun terus meningkat hingga tahun ini, APBD PALI bisa mencapai Rp1,5 Triliun,”

Kemajuan terssebut juga ditunjukkan dengan pesatnya pembangunan infrastruktur di PALI. “Untuk itu, kami mengajak seluruh anggota DPRD dan jajaran pemerintahan untuk meningkatkan kinerjanya guna percepatan pembangunan di Bumi Serapat Serasan ini sehingga bisa sejajar dengan Kabupaten lain, ajak politisi PDI-P ini.

Sementara Bupati PALI  Heri Amalindo  mengatakan bahwa meski telah banyak kemajuan yang diraih oleh Kabupaten Pali saat ini, namun tentu masih banyak juga yang harus terus dilakukan, agar PALI bisa semakin mensejahterakan rakyatnya. Apalagi usia PALI masihlah sangat muda.

Pada kesempatan itu juga, Bupati PALI Heri Hamalindo menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur Sumsel yang telah banyak membantu pembangunan di PALI.

Sementara Gubernur Sumsel ; H Herman Deru juga mengatakan bahwa kunci utama membangun daerah adalah sinergisitas antara Legislatif dan Eksekutif. Dan itu diperlihatkan di Kabupaten PALI, dimana berbagai pencapaian sudah diraih kabupaten yang masih sangat belia ini.

Meskipun usianya 6 tahun, tapi pencapaiannya sudah seperti usia 15 tahun. Terlihat dari laporan pak bupati tadi, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI yang pada tahun 2013 lalu hanya Rp15 miliar, tapi kini APBD Kabupaten PALI di tahun 2019 sudah di angka Rp1,8 triliun. Sudah berpuluh-puluh kali lipat. Kemudian jalan yang dulu hanya 13,4%, di Tahun 2019 ini jalan mantap sudah mencapai 57%. Namun itu baru awal, masih banyak yang harus dibenahi,” Tandas Gubenur.

Gubernur juga berharap agar kabupaten PALI tidak cepat puas dengan pencapaian yang ada.
“Misal di sektor jalan, dari 57% kalau bisa ditingkatkan menjadi 80%. Kemudian, daerah ini kalau dikelola dengan baik maka hasilnya bisa lebih dari sekarang,” pungkasnya (ADV)

LEAVE A REPLY