Reses : Basuki Soroti Pendangkalan Sungai Hingga Alih Fungsi Lahan

0
1196
Berita DPRD MEero, Info Metro, Berita Lampung, Rubrik, Portla BErita Lampung
Reses Ketua Komsi I DPRD Kota Metro

RUBRIK,METRO Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki menyoroti persoalan alih fungsi lahan perkotaan. Hal itu terungkap saat reses jaring aspirasi bersama anggota DPRD Provinsi Lampung Watoni Nurdin di Metro Timur, Selasa (16/02)

PDI PErjuangan Kota metro, Watoni Nurdin, Basuki Reses, Anggota DPRd Metro, Info MEtro, Portal Berita Metro
Anggota DPRD Provinsi Lampung Watoni Nurdin (Tengah) di Metro Timur

Basuki menyebut, diperlukan pengetatan pengawasan alih fungsi lahan  jadi pemukiman yang kerap menimbulkan masalah perkotaan seperti banjir dan permasalahan sampah di daerah permukiman padat penduduk.

Dalam reses tersebut Basuki menegaskan harus ada langkah pengendelian dengan memperketat pengawasan titik kawasan larangan alih fungsi lahan di Kota Metro.

Menurut Basuki jika mengacu PERDa Kota Metro nomor 21 tahun 2016 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan diatur zonasi larangan alih fungsi lahan dengan rincian 10,23 hektare di Metro pusat, 593,73 Hektare di Metro Utara, 213,77 Hektare di Metro Barat, 555,04 Hektare di Metro Selatan, serta 189.81 Hektar di Metro Timur.

Menurutnya pemetaan lahan pertanian harus diterapkan secara maksimal agar menjaga ketersediaan daerah resapan air.

Langkah tersebut diharapkan dapat mencegah alih fungsi lahan menjadi pemukiman dan menyelesaikan permasalahan klasik perkotaan seperti banjir yang disebabkan berkurangnya daerah resapan air.

Pemerintah diminta menyelesaian sejumlah pekerjaan rumah yang berkaitan dengan banjir yang kerap terjadi saat musim hujan.”Regulasi yang ada kita sinergikan terkait perizinan dan kesadaran masyarakat harus peduli ,jika lahan tidak layak untuk tidak layak di buat peruahan harus dihindari agar tidak enimbulkan banjir, DPRD akan mensuport dan bekerjasama dengan Pemkot terkait masalh ini,” jelas Basuki.

Urusan lingkungan hidup khususnya dalam pengelolaan sampah juga menjadi perhatian DPRD Kota Metro.Masalah banjir juga menjadi salah satu prioritas usulan DPRD Kota Metro.

Pemerintah diminta melakukan normalisasi sungai serta kebijakan pembangunan Drainase jangka panjang.Hal itu guna mengantisipasi banjir selama cuaca ekstrim musim penghujan.(An)

LEAVE A REPLY