Polisi Amankan Pelaku Pembakaran Hutan di Pontianak

0
743
Polres Pontianak, Berita Lampung, Berita Pontianak, Portal Lampung
Ungkap Kasus pembakaran Lahan di Pontianak

RUBRIK, PONTIANAK – Pelaku pembakaran lahan di lokasi Jalan Parit Sarem, Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya berhasil ditangkap pihak Polresta Pontianak, Selasa (21/8).

Husni Ramli selaku Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pontianak mengatakan bahwa penangkapan pelaku pembakaran lahan tersebut setelah pihaknya melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lahan yang terbakar. Setelah mendapat  beberapa keterangan saksi serta barang bukti, pihak kepolisian pun menangkap seorang pria yang diduga sebagai pemilik sekaligus pelaku yang membakar lahan miliknya hingga merembet ke lahan lainnya.

Husni juga menambahkan bahwa peristiwa kebakaran tersebut berawal ketika tersangka membuka lahan miliknya dengan lebar 50 meter dan panjang 500 meter yang ditujukan untuk bercocok tanam pada tanggal 1 Agustus 2018 lalu. Kemudian, Rabu (15/8) pelaku membakar lahan yang sudah ditebas atau dibersihkan sebelumnya.

“Saat itu pelaku mengupah orang untuk menebas dan membersihkan lahan miliknya,” ujar Husni.

“Tersangka selaku pemilik lahan membakar lahan yang sudah ditebas tersebut dengan meminjam korek api milik orang upahan yang disuruh menebas dan membersihkan lahan itu,” ujar Husni.

Melansir Kompas.com, setelah membakar lahan pelaku yang diketahui bernama Surai itu kemudian menyuruh orang yang ia beri upah untuk menjaga lahan yang sudah dibakar supaya api tidak merembet ke lahan milik orang lain.

Namun, api semakin membesar dan tidak bisa di kendalikan sehingga api merambat ke lahan kosong milik orang lain.

“Api juga membakar lahan sawit milik warga lainnya dengan luas 5 hektar,” ungkap Husni.

Atas peristiwa kebakaran kebun sawit yang dilakukan Surai selaku pemilik sekaligus pelaku pembakaran lahan mengaku mengalami kerugian mencapai Rp. 1,5 miliar.
Selain itu Surai juga terjerat Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) huruf h UU nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau pasal 187 KUHP.(*/dw)

LEAVE A REPLY