HKN 2022, Pemkot Metro Kejar Predikat Kota Sehat 2023

0
202

Rubrikmedia.com, Metro – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar puncak peringatan hari kesehatan nasional atau HKN ke-58 tahun 2022 di Samberpark, Minggu (27/11/2022).

Dinas Kesehatan Kota Metro terus berupaya dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan menggalang komitmen penerapan pola hidup bersih dan sehat atau PHBS hingga di lingkungan keluarga.

Wali Kota Metro Wahdi Sirajudin menyebut pemerintah tengah mengejar target menuju Kota metro menjadi Kota Sehat di tahun 2023.

“Ini adalah hari puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 di Kota Metro. Insyaallah dengan peran bersama dapat mewujudkan Metro Sehat 2023”, ujarnya.

Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah dengan menggencarkan kegiatan elaborasi hidup sehat di masyarakat, penerapan sanitasi berbasis wilayah perkotaan, serta penguatan sosialisasi Program Jaringan Masyararakat Peduli Ibu dan Anak alias Jamapai.

Wahdi juga menyinggung soal peningkatan status gizi masyarakat, usia harapan hidup, penurunan stunting dan angka kematian bayi, serta pengendalian berbagai penyakit menular.

IMG_20221127_132234

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Adriyanti mengatakan pelayanan kesehatan di Kota Metro dari tahun ke tahun menunjukan grafik meningkat.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Metro fokus dalam mendeteksi dini penyebaran penyakit frambusia dengan pemeriksaan yang menyasar hingga tingkat sekolah dasar.

“Hari kesehatan nasional diperingati setiap 12 November, tapi  hari ini menjadi puncak rangkaian yang sudah dilaksanakan sejak akhir Oktober hingga sekarang. Ini menjadi komitmen mewujudkan Kota Sehat, termasuk peningkatan kesehatan dengan deteksi dini penyakit Frambusia,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY