Wakil Bupati Pesawaran Minta Seluruh Pihak Kelola Sampah di Lingkungan Masing-masing

0
615
Pemkab Pesawaran
Wakil Bupati Pesawaran Eriawan

RUBRIK, PESAWARAN – Wakil Bupati Pesawaran Eriawan hadiri acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018 di halaman RSUD Kabupaten Pesawaran, Selasa (12/3/2018).

Eriawan mengatakan, menanggulangi sampah merupakan tanggung jawab bersama sebagai wujud tanggung jawab atas aktivitas sehari-hari yang mau tidak mau pasti menyisakan sampah.

Oleh karena itu, Wakil Bupati meminta kepada seluruh komponen masyarakat di Pesawaran untuk dapat berperan aktif dan berkontribusi nyata menjaga lingkungan masing-masing.

“Hal ini tentunya dapat terlaksana jika seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder terkait berkontribusi mengambil peran secara aktif dan tidak semata-mata diserahkan ke pihak tertentu saja,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan Hari Peduli sampah Nasional (HPSN) kali ini diharapkan akan menjadi jalan pemenuhan tujuan pembangunan pengelolaan sampah.

Sebagaimana target melalui Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan timbunan sampah sebesar 30% serta penanganan sampah mencapai 70%.

Eriawan menjelaskan, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam menangani sampah, pada kehidupan sehari-hari, seperti: Reduce atau mengurangi sampah, Reuse atau menggunakan kembali barang yang masih layak pakai, Recycle atau mendaur ulang sampah.

Eriawan mengimbau kepada fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik kesehatan, agar penanganan pengelolaan sampah dibarengi dengan penanganan limbah medis sesuai aturan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Eriawan menyerahkan secara simbolis SK pengangkatan tenaga Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesawaran Tahun 2018, dilakukan juga penanaman pohon dihalaman RSUD Pesawaran dan penyerahan alat kebersihan.(Adv)

LEAVE A REPLY