Ternyata Ini Penyebab Jebolnya Penampungan Air di Desa Pengubuan Timur

0
1217
Portal Berita Pali, Medis Online Pali, Rubrik Pali, Bsl Air Jebol, Penukal Abab Lamatang Ilir
Kepala Dinas Parkim Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Irwan ST. MM

RUBRIK, PALI – Terkait adanya pemberitaan di salah satu media online yang mengenai ambruknya proyek penampung air di Desa Pengabuan Timur, Plt Kepala Dinas Parkim Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Irwan ST. MM mengklarifikasi pempemberitaan tersebut.

Irwan ST MM Plt Kepala Dinas Parkim memjelaskan kepada awak media, membenarkan ada kerusakan pada bak penampung air yang dikerjakan oleh Swakelola Masyarakat Desa Pengabuan Timur pada tahun 2018 lalu. Namun pihaknya bersama kordinator swakelola sudah melakukan petbaikan.

” Saat mengetahui adanya kejadian ini kita langsung melakukan tindakan perbaikan dengan menginstruksikan kepada kepala bidang terkait yang bekerjasama dengan Kordinator Swakelola Masyarakat Waropaan, untuk segera melakukan perbaikan dan dalam waktu dekat sudah bisa di gunakan kembali oleh masyarakat,” katanya

Sementara saat di hubungi melalui via telepon seluler Kordinator Swakelola Masyarakat Desa Pengabuan Timur, Waropaan, menjelaskan kerusakan pada bak penampung air tersebut terjadi saat malam Pemilu tanggal 16 April 2019.

“Saat itu masyarakat melakukan pengisian bak penampung air tersebut dari sore hari namun oleh karena bersamaan dengan pesta demokrasi pemilu kemarin masyarakat yang mengisi kelupaan untuk mematikan pompa, sampai pagi hari,”jelas Waropan, Minggu (5/5).

Ditambahkan Waropaan, dirinya dan masyarakat Desa Pengabuan Timur pasca kejadian jebolnya bak telah melakukan pemeriksaan dan dari hasil investigasi diketahui jebolnya bak dikarenakan oleh derasnya aliran air dari pompa yang langsung menyemprot kedinding bak penyaring.

“Karena pompa air hidup dari sore hari sampai pagi hari maka dinding bak saringan tidak bisa menahan tekanan air yang besar dari pompa tersebut,” ungkapnya.

Setelah selesai pemilu kemarin sambung Waropaan kita telah bersama- sama pihak terkait melakukan perbaikan dan saat ini telah selesai di lakukan tinggal finishing tunggu kering adukan semen.

“Insyahallah dalam waktu dekat ini bak air dapat segera difungsikan kembali sehingga masyarakat Desa Pengabuan Timur bisa mendapatkan air bersih seperti sebelumnya,”sambung Waropaan.

Terakhir selaku Kordinator Swakelola Masyarakat mewakili masyarakat Desa Pengabuan Timur dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu perbaikan kerusakan bak penampung air tersebut.(*)

LEAVE A REPLY