Terbang ke Madrid, Pelajar Asal Lamteng Kembali Terpilih Ikuti Seleksi Federasi Sepakbola Spanyol

0
1045
Rio Helmi Saputra,Pelajar Lamteng ,Mustafa,Terbanggi
Rio Bertemu Bupati Lampung Tengah Mustafa

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Untuk kedua kalinya, Rio Helmi Saputra, pelajar asal Lampung Tengah akan mewakili Indonesia untuk mengikuti seleksi ESP Entry Soccer Profesional yang merupakan pemandu bakat yang bermarkas di Madrid,  Spanyol, 28-29 Mei mendatang.

Selain itu, Rio juga akan mengikuti event turnamen di Solou Barselona Cup bersama timnya.

Rio menjadi satu-satunya pesepakbola di Lampung Tengah dan Lampung yang akan memperkuat Tim Nasional Sepak Bola Anak Indonesia (Timnas SBAI) saat kejuaraan bergengsi di Negeri Matador tersebut.

Buah hati pasangan Asep (39) dan Enita (38) ini, akan bergabung dengan 20 pemain lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya, siswa SMPN 4 Terbanggibesar itu sudah tampil di ajang yang sama di tahun 2016 lalu.

Pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Inti Bandarjaya, Sunarto mengatakan, anak asuhnya itu bisa bergabung dalam Timnas karena terpilih melalui seleksi nasional setelah mengikuti ajang kompetisi Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) di Jakarta.

“Dari Lampung, Rio menjadi satu-satunya pemain yang lolos seleksi,” kata Sunarto, Selasa (16/5/2017) saat menemui Bupati Lamteng, Mustafa di rumah dinas bersama Rio.

Sementara itu Korwil SBAI Lampung Ivan Sumantri berharap agar Rio dapat lolos dalam seleksi tersebut.

“Nantinya jika Rio lolos dalam seleksi ini, dia akan mendapatkan beasiswa pendidikan sepakbola selama tiga tahun dari Federasi Sepakbola Spanyol. Untuk itu kami sangat berharap Rio bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” tuturnya.

Keberangkatan Rio di laga internasional sangat diapresiasi Bupati Mustafa. Ini bukan kali pertama ia melepas atlet untuk berlaga ke luar negeri, sebelumnya beberapa atlet asal Lamteng juga didapuk mewakili Indonesia untuk bertanding di Malaysia.

“Hal ini menunjukan Lampung Tengah memiliki potensi bibit atlet yang baik, khususnya sepakbola. Saya bangga sekali, meski kita level kabupaten, namun ternyata banyak anak-anak kita yang mampu bersaing di tingkat internasional. Saya siap support,” ungkap Mustafa.

Untuk memaksimalkan potensi olahraga di Lamteng, ke depan pemkab akan memberikan perhatian lebih pada bibit-bibit berprestasi yang ada di Lamteng.

Ia juga meminta dinas terkait untuk bisa menginterisir atau memetakan potensi anak-anak, untuk kemudian dikembangkan secara optimal.(*)

LEAVE A REPLY