Sujadi Buka Festival Kuda Lumping HUT RI Ke-71 di Pringsewu

0
2023

RUBRIK, PRINGSEWU – Masih dalam suasana Kemerdekaan RI ke-71, Pemerintah Kabupaten Pringsewu banyak menggelar acara. Salah satunya berbentuk festival. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar Festival Kuda Lumping.

Festival Kuda Lumping atau biasa juga disebut Festival Kuda Kepang dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu H Sujadi dengan ditandai prosesi pemukulan gong di Lapangan Dirgahayu Kecamatan Sukoharjo, Selasa (30/8/2016).

Bupati Sujadi mendukung serta  menyambut baik digelarnya Festival Kuda Lumping tersebut sebagai salah satu upaya untuk memelihara kesenian tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa.

“Pemerintah Kabupaten Pringsewu sangat mengapresiasi kegiatan Festival Kuda Lumping ini. Saya berharap kegiatan ini dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang, supaya kesenian tradisional warisan budaya bangsa tetap terjaga,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, kesenian Kuda Lumping ini memiliki makna tersendiri, karena di dalamnya juga penuh filosofi, disamping ada pesan-pesan pendidikan dan moral maupun religi.

Dalam kegiatan Festival Kuda Lumping, Sujadi didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pringsewu Hj Nurrohmah Sujadi serta kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, juga turut menyaksikan penampilan perdana kuda lumping pada festival tersebut.

Ratusan penonton cukup antusias menyaksikan berbagai ragam tarian dan jenis Kuda Lumping ini membawakan kisah tentang Perang Badar di zaman Rasulullah SAW. Kisah perang badar yang disajikan dalam bentuk tarian Kuda Lumping ini merupakan ide dari Bupati Pringsewu Sujadi.

Dalam Festival kuda lumping kali ini diikuti sebanyak 20 grup kuda lumping yang berasal dari perwakilan sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.(Fid)

 

LEAVE A REPLY