Peringati Hari Kartini dan Lantik GOW, Wabup Loekman Ingatkan Perempuan Jaga Kehormatan Keluarga

0
288
Loekman, Beguai Jejamo Wawai, Wakil Bupati Lamteng, dr.Boyke
Wabup Loean Djoyosoemarto menyetkan kain Tapis kepada dr.Boyke.

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menghadiri peringatan Hari Kartini sekaligus melantik Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  Lampung Tengah.

Peringatan Hari Kartini ini juga diisi dengan seminar tentang kesehatan reproduksi dan monopouse dengan narasumber dokter Boyke.

Peringatan hari Kartini, Loean Djoyo Soemarto, Nuwo Balak. Beguai Jejamo Wawai
Wabup Lamteng Loekman Djoyosoemarto Lantik GOW Lampung Tengah

Dalam acara yang bertempat di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (20/4/2017) itu, Loekman mengajak kaum perempuan untuk lebih mengenal sosok Kartini sebagai Pahlawan perempuan Indonesia.

Kartini dinilai telah mempelopori dan menggugah semangat kaum perempuan Indonesia beremansipasi sesuai dengan harkat dan martabatnya.

“Sejarah telah mencatat, berkat perjuangan Kartini, perempuan Indonesia mulai maju dan sadar akan hak-haknya sebagai insan yang hidup merdeka dan terhormat sesuai dengan kodratnya,” ujarnya.

Saat ini, nilai-nilai dan budaya yang berlaku di masyarakat telah dapat menerima kesetaraan perempuan dengan laki-laki  dalam kehiduan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Beberapa posisi penting dan membanggakan telah diperankan oleh perempuan. “Kita ketahui bersama telah banyak perempuan-perempuan yang menduduki posisi penting di pemerintahan. Ini suatu kemajuan yang sangat pesat dan membanggakan,” kata Loekman.

Loekman mengingatkan kepada seluruh kaum perempuan agar dapat tetap menjaga kehormatan rumah tangganya dengan tetap menjadi pengayom bagi keluarga dan anak-anaknya serta menjadi contoh teladan dan dapat menciptakan keluarga yang berkualitas.

“Paling penting sekarang para perempuan harus tetap mawas diri terhadap perkembangan zaman, khususnya pada narkoba yang sewaktu-waktu dapat menghancurkan masa depan putra-putrinya,” pesannya.

Ketua PKK Lampung Tengah Nesya​ Mustafa yang juga menjadi ketua GOW Lampung Tengah mengatakan, Kartini adalah sosok wanita yang menjadi motivasi bagi perempuan Indonesia.

Seiring berjalannya waktu saat ini, kaum perempuan semakin baik dan lebih maju dalam segala hal. Dalam peringatan Hari Kartini yang ke-138 ini kita harus menjadi wanita yang cerdas dan sehat.

“Dengan terwujudnya wanita yang cerdas maka akan timbul kreativitas sehingga Kemampuan wanita akan terwujud dalam segala hal,” ujarnya.

‘Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama,” imbuhnya.(*)

LEAVE A REPLY