Kaya Akan Manfaat Anggur Merah Bisa Cegah Kanker

0
250
Media Indonesia, Lampung Media, Portal Berita Lampung
Anggur Merah: gbr/Istimewa

RUBRIK,RAGAM – Sudah bukan suatu rahasia lagi bahwa buah anggur merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Selain rasanya yang manis dan segar, buah anggur yang berwarna lebih gelap lebih kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah penuaan dan meningkatkan kesehatan yang baik.

Melansir Nakita.com, Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi anggur merah yang baik bagi kesehatan :

1. Mengandung resveratrol

Tidak hanya buahnya saja tapi bagian dari kulit buah anggur merah ini juga memiliki kandungan yang baik yaitu resveratrol, fitokimia kuat pada kulit dan bijinya yang terkait dengan penurunan kanker serta penyakit jantung dan stroke.

Anggur juga mengandung asam ellagic, yang dianggap melindungi paru-paru terhadap racun lingkungan.

Maka dari itu kita tidak perlu mengupas kulit anggur saat hendak mengkonsumsinya secara langsung. Selain dimakan langsung, buah anggur merah juga bisa diolah menjadi suatu makanan sehat berupa campuran buah-buahan dan sayuran lainnya atau disebut juga dengan salad.

Namun jika ingin mendapatkan manfaat lebih dari anggur, bisa juga mengolah anggur merah menjadi jus yang meliputi kulit, ampas, dan bijinya.

2. Mengurangi hipertensi

Buah ini juga sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi karena buah anggur merah sendiri kaya akan kandungan potasium.
Kalium serat serta tidak larut dari anggir merah sehingga sangat sehat bagi kesehatan jantung.

Jika kita mengonsumsi antara 15 dan 20 buah anggur, kita dapat mengurangi tingkat natrium yang berbahaya untuk tubuh.

3. Menyembuhkan Sembelit

Asam organik, gula dan selusa yang ada di dalam anggur merah mampu menguatkan otot lambung dan usus. Sehingga jika dikonsumsi teratur saat pagi hari saat sarapan anggur merah bisa menjadi salah satu obat pencahar alami terbaik dan juga bisa mengatasi sembelit kronis.

4. Menghambat Alzheimer

Buah anggur merah juga mengandung resveratrol yang dapat membantu kita untuk memperlambat kemajuan penyakit Alzheimer. Kekuatan anti oksidan dari anggur merah meningkatkan memori dan melindungi kita dari penyakit tersebut.
Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan di Mount Sinai Medical School di New York.

5. Mencegah Kanker

Diketahui bahwa The American Cancer Institute juga telah melakukan studi mengenai anggur merah. Menurut The American Cancer Institute, anthocyanin dan proanthocyanidins yang ada dalam anggur merah dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor yang bisa berkembang menjadi kanker.(*/dw)

LEAVE A REPLY