Kapolres Tanggamus Imbau Masyarakat Tak Gelar Takbir Sambil Konvoi Kendaraan

0
592

RUBRIK, TANGGAMUS – Polres Tanggamus menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Pemkab Tanggamus dan Pringsewu, dalam rangka kesiapan Operasi Ramadniya Krakatau 2017 di Aula Aryaguna Kompleks Pemkab Tanggamus, Kamis (8/6/2017).

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili berharap, Operasi Ramadniya 2017 yang merupakan operasi kemanusiaan dilakukan oleh berbagai instansi dan dikoordiasikan oleh kepolisian. Kapolres mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung operasi tersebut.

Selain itu, Alfis juga mengimbau agar pada saat ‘malam Takbir’ masyarakat tidak turun ke jalan dan melakukan konvoi kendaraan terutama roda dua untuk menggelar takbir keliling.

“Kumandang takbir sebaiknya dilaksanakan di setiap masjid atau surau, demi menjaga kondisi keamanan bersama dan ketertiban di jalan raya, dan tentunya tidak mengurangi kebersamaan dalam merayakan hari yang fitri tersebut,” ujar Kapolres.

Sementara itu Plt Sekda Tanggamus Andi Wijaya menyatakan kesiapannya dalam hal bantuan personel pada Operasi Ramadniya 2017. Pihaknya pun menyiapkan  alat berat bilamana dibutuhkan, yang nanti akan ditaruh pada titik rawan bencana.

“Seperti yang diketahui bahwa Kabupaten Tanggamus merupakan kabupaten yang memiliki geografis pegunungan, yang sudah tentu rawan akan bencana longsor,” ujarnya.

“Kamj juga meminta kepada aparat kepolisian untuk sedianya mendirikan pos di titik lokasi yang rawan akan kriminalitas. Jadi biar aman para pemudik yang melintas hendak pulang ke kampung halaman. Penimbunan bahan pokok juga menjadi perhatian kita agar nantinya bisa bekerja sama untuk sidak pasar mengantisipasi adanya penimbunan bahan pokok. Dan untuk yang di Pekon Umbuh Buah, Kecamatan Kota Agung Timur yang sering rem blong telah diupayakan anggaran untuk lokasi istirahat,” jelasnya.

Kesiapsediaan juga diutarakan oleh Sekda Pringsewu A Budiman. Kabupaten berjuluk Bumi Secancanan ini telah menyiapkan 52 personel Dinas Perhubungan (Dishub) Pringsewu, 50 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), 30 anggota Pramuka dan 25 tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pringsewu.

Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pringsewu juga sudah menutup jalan rusak yang berpotensi kecelakaaan, terutama saat malam puncak arus mudik nanti.

“Bukan hanya personel, Dishub Pringsewu juga mendirikan pos pembantu di area Terminal Gadingrejo, disiapkan mobil perbaikan lampu jalan dan bus. Kami juga nantinya minta kepada anggota kepolisian untuk menempatkan personelnya di area taman wisata,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY