Ini Komentar Tim Penilai Pusat Lomba Kesrak PKK Terhadap Kelurahan Rejomulyo, Metro

0
921
PKK Metro, Heriyati, Pairin
Tim penilai Lomba

RUBRIK, METRO – Tim Penilai Pusat hadir dalam penilaian Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Selasa (11/04/2017).

Ketua TP PKK Kota Metro Heriyati Achmad Pairin mengatakan, Kelurahan Rejomulyo merupakan juara I Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan jenis LBS Tingkat Provinsi Lampung 2016, dan selanjutnya mewakili Provinsi Lampung pada Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan Tingkat Nasional di tahun 2017.

Adapun Lokasi kegiatan penilaian Lomba di wilayah Rejomulyo di antaranya Posko Kesrak PKK KB Kesehatan, Rumah Pintar, Sekretariat Lingkungan Bersih dan Sehat, Kelompok Remaja Peduli Kesehatan, Posyandu terintegrasi dengan BKB, BKR BKL serta PIK Remaja, Gelar Produk UP2K dan UPPKS, dan Mobil Pelayanan KB.

Kemudian Rumah Sehat, Gardu Informasi Kesehatan, Kelompok Wanita Tani, Kelompok Dasa Wisma, Kebun Toga, Kebun Kolektif, Kelompok Pengolahan Sampah, dan Jamban Keluarga, Pembuatan Biogas dengan Biodigester, Bank Sampah Cangkir Hijau, Rumah Aspirasi Masyarakat, dan Warung UP2K.

Heriyati menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait dan seluruh warga masyarakat Kelurahan Rejomulyo yang telah bahu membahu untuk suksesnya pelaksanaan Kesrak PKK KB Kesehatan tersebut.

“Kami selalu berharap bahwa kami dapat menjadi yang terbaik, tidak hanya di Provinsi Lampung, akan tetapi juga di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Walikota Metro Achmad Pairin mengucapkan selamat datang kepada Ketua dan Rombongan Tim penilai Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan tingkat nasional, yang kehadirannya diharapkan dapat menginsiprasi dan dapat memberikan motivasi khususnya dalam rangka peningkatan Kesejahteraan keluarga, bahagia dan sejahtera dalam bingkai Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di Kota Metro.

Pairin meminta kepada para tim penilai selain memberikan penilaian terhadap lomba tersebut, ia mengharapkan masukan dan arahan dapat diberikan kepada para kader.

“Pada dasarnya bukan kemenangan yang menjadi tujuan utama kegiatan ini, akan tetapi dengan lomba ini diharapkan dapat memotivasi kita semua untuk senantiasa meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pada masa-masa yang akan datang,” ungkap Pairin.

Ketua Tim Penilai Kesrak PKK KB Kes Tingkat Nasional Dien Yuniasari menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh warga kelurahan ini bukan sesuatu yang baru dikerjakan.

“Terlihat sekali dari data kami bahwa Kota Metro ini beberapa kali menjadi nominator untuk Lomba Kesrak PKK KB Kes. Hal ini membuktikan bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat di sini bukan semata-mata untuk lomba, akan tetapi merupakan salah satu budaya bahwa kebutuhan hidup sehat dapat membawa manfaat bagi banyak orang,” ujarnya.

“Saya terkesan bahwa di Kota Metro ini sekecil apapun lahan yang kami temukan dapat dijadikan tempat tumbuhnya tanaman-tanaman yang bermanfaat. Mudah-mudahan apa yang kami lihat dan yang kami catat dari apa yang sudah disajikan tersebut akan menjadikan nilai yang terbaik,” ungkap Rien Yuniasari.

Ririn menambahkan sekaligus memberi masukan kepada para kader, bahwasanya ada satu hal yang penting dilaksanakan oleh para kader, selain mengenai data yang telah disampaikan, yaitu kedekatan terhadap masyarakat untuk selalu mengingatkan perilaku hidup bersih dan sehat.(*)

LEAVE A REPLY