Hadiri Hari Jadi Sanggar Sawajo, Senator Caping Gunung Berpesan Begini

0
92
Anggota DPD Lamteng,Annang Priantoro
Senator Lampung Tengah Annang Priantoro meresmikan Sawajo

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Sanggar Wayang Joglo (Sawajo) merupakan sanggar budaya di Kampung Nambah Dadi, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah, yang pada 13 April 2018 berusia 3 tahun.

Pada momen hari jadinya, Sawajo menggelar pertunjukan wayang dengan penampilan anak-anak remaja sebagai dalang, pemain gamelan, dan sinden.

Pada kesempatan itu, hadir anggota DPD RI asal Lampung Tengah Anang Prihantoro yang juga pembina Sawojo, Ketua Karang Taruna Lampung Tengah Helmiyati beserta jajarannya, Kepala Kampung Nambah Dadi Supardiyanto dan ratusan masyarakat, Jumat (13/4/2018) malam.

Apa yang dilakukan oleh para anak muda kampung Nambah Dadi ini mendapat apresiasi dari Anang Prihantoro. Menurutnya kebudayaan harus terus dikawal karena itu merupakan kepribadian bangsa kita.

‘’Di tengah kehidupan masyarakat yang mulai acuh terhadap kebudayaan dan larut dalam kebudayaan asing, tetapi di sini (Kampung  Nambah Dadi) tidak bosan mengawal kebudayaan nusantara. Ini sangat luar biasa, ini kepribadian bangsa kita, kepribadian daerah kita yang harus dilestarikan,” ujar Senator Senayan ini.

Untuk itulah, lanjut Anang, harus dilakukan pendidikan yang terus menerus kepada generasi muda karena kebudayaan iu tercermin kepada budaya yang dilakukan dan pemeritah harus hadir memberikan dukungan.

Senator Caping Gunung ini juga minta kepada para pelaku seni kebudayaan untuk dapat melakukan inovasi tidak hanya mengenalkan kebudayaan melalui kegiatan langsung tetapi juga dapat menggunakan teknologi informasi (TI) dan media sosial.

“Saya berpesan kepada generasi muda untuk tidak mengabaikan nilai kebudayaan yang ada serta mencintai nilai nilai kebangsaan. Melalui media sosial pastikan anak-anak muda kita ini menjadi cermin kebudayaan bangsa Indonesia,” pesannya.

Sementara Ketua Karang Taruna Lampung Tengah Helmiyati mengatakan bahwa anak-anak yang ada di Sanggar Sawajo ini mempunyai potensi yang luar biasa.

Untuk itu pihaknya akan mendorong pemerintah daerah untuk dapat memberikan perhatian lebih terhadap sanggar budaya yang ada di Lampung Tengah.

“Di Lampung Tengah ada sekitar 700 lebih sanggar budaya, dan Karang Taruna akan melakukan road show dalam rangka memberikan pembinaan dan memfasilitasi kemudian bersama pemerintah daerah memberikan kesempatan menampilkan karya terbaiknya bagi Lampung Tengah,” pungkas Helmiyati.(*)

LEAVE A REPLY