DPRD PALI Sahkan RAPBD Dengan Sejumlah Rekomendasi Sebagai Berikut

0
68
PALI, Info PALI, Rubrik PALi,Info PALI
Pimpinan Sidang dan Bupati Pali menandatangani berkas pengesahan RAPBD Menjadi APBD

RUBRIK, PALI –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Rapat Paripurna Istimewah ke IX dalam rangka mengesahkan RAPBD tahun 2019 menjadi APBD tahun anggaran 2019 di ruang rapat Dewan Pali , Komperta Pendopo Talang Ubi , Jumat (30-11-2019)

Pengesahan RAPBD menjadi APBD Tahun Angaran 2019  oleh Ketua Dewan Drs H. Soemarjono dam disaksikan  oleh 22 Anggota Dewan tersebut dihadiri  oleh Bupati Pali Ir. H Heri Amalindo serta sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Pali ,FKPD, Tokoh Agama, Toko Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Sebelum pengesahan RAPBD ini,  anggota Komis I  H.Asri .Ag .SH menyoroti tentang UU NO.6 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa yang telah menetapkan, mengenai Desa persiapan harus segera dibuatkan Perda terlebih dahulu.

Selain itu Komisi I juga mengusulkan terkait korban penyakait DBD agar biaya pengobatannya dibebankan kepada Pemkab PALI. Selanjutnya Pembangunan RSUD Pratama Tanah Abang agar segera dapat diselesaikan dan difungsikan dengan baik.

PALI, Berita DPRD PALI, Info PALI
Paripurna Pengesahan RAPBD Kabupaten PALI

Di bidang pendidikan , Komisi I berharap Pemkab PALI  agar melakukan pemerataan penyebaran tenaga pengajar guru  SD di Kabupaten Pali , apalagi hampir di setiap desa sudah terhubung jalan cor beton sehingga tidak ada alasan lagi kendala hubungan jalan dalam menjangkau sekolah sekolah yang ada Desa Desa di dalam Kabupaten Serapat Serasan ini.

” Kami ambil contoh ,salah satu SD yang guru PNS nya hanya satu orang , yaitu SD No 10 penukal utara. Padahal SD ini sudah termasuk tua dan sudah lama berdiri sejak tahun 1960.” Terang H Asri.

Menyikap gedung sekolah yang rusak, H Asri berharap  Kepada Dinas Pendidikan agar bisa  melakukan pendataan dan infentarisasi terhadap bangunan gedung sekolah yang perlu di lakukan berbaikan, baik rehab berat, maupun rehab ringan.

“Seperti dapat kita lihat ada beberapah bangunan bekas rumah guru, bekas rumah penjaga sekolah yang sudah rusak dan tidak terurus bangunan sekolah teraebut.” Ujar Politisi Partai PDI-P  Asri.

Sementara Komisi II DPRD PALI melalui juru bicaranya Suarno menyampaikan tentang  infrastruktur jalan yang belum selesai, ia berharap pemda bisa mengakomodir semua itu di tahun berikutnya, sehingga Pemda mencapai pembangunan yang merata dan berkeadilan dan sejahteta bagi masyarakat.

Disisi lain Komisi III yang di bacakan oleh Iip Fitriansyah menyoroti tetang Potensi wisata , anggota dewan ini meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar dapat meningkatkan dandan melestari budaya lokal.l dengan menrangkul langsung masyarakat lokal untuk terlibat,” dalam.menyangkut paruwisata dan kebudayaan , kami dari Komisi III DPRD PALI berharap Dinas yang membidangi Wusata dan Budaya untuk meningkatakan kelestarian budaya lokal sehingga bisa menarik wisatawan.”pungkas Lip.(ADV)

LEAVE A REPLY