Di Kota Ini Daging Ular Piton Dijual di Pasar Swalayan

0
628
Pembeli tetap buru daging ular piton di Manado. | Liputan6.com

Rubrikmedia.com, Nasional – Penjualan daging ular piton menghebohkan dan menimbulkan pro-kontra di tengah warga Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Di salah satu pasar swalayan di Manado, potongan-potongan daging ular piton masih ada di bagian penjualan berbagai jenis daging.

Setiap kilogram daging ular piton dihargai Rp 60 ribu. Daging ular terletak berderetan dengan daging tikus, babi hutan, dan kelelawar.

Sejumlah pembeli juga tampak sibuk memilih daging ular piton. “Ini memudahkan kami untuk mendapatkan daging ular, ketimbang harus mencarinya ke pasar tradisional,” ucap Lita Aruperes, seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Selasa (4/7/2017).

Sutan, salah satu petugas shop di pasar swalayan tersebut mengatakan, mereka selama ini tetap menjual daging ular piton sama seperti daging lainnya. “Kan silakan pembeli yang memilih, apa yang menjadi kebutuhan mereka,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala BKSDA Provinsi Sulut, Agustinus Rante Lembang mengatakan, memang jenis ular piton yang diburu di Sulut tidak termasuk dalam satwa liar yang dilindungi.

“Namun, memang pemanfaatannya ada ketentuan yang mengatur. Untuk itu, kami sudah menyurat ke supermarket-supermarket tentang bagaimana prosedur penjualan daging satwa liar seperti ular piton,” tandasnya. (*)

LEAVE A REPLY