Cukup Dengan Garam, Wajah Terlihat Cerah Dan Halus

0
179
Rubrik Berita, Media Indonesia, Berita-Berita Lampung
Ilustrasi pemakaian garam untuk kecantikan Sumber : malangtoday.net

RUBRIKMEDIA,Seperti yang kita ketahui, garam adalah bumbu utama untuk segala jenis masakan.

Garam juga memiliki fungsi penting bagi tubuh. Menurut National Institute of Health, Garam yang memiliki nama ilmiah Natrium Klorida, merupakan mineral penting untuk kehidupan. Dalam tubuh manusia, garam berfungsi penting untuk mengontrol volume cairan tubuh, yaitu untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit, dan merupakan bagian integral dari fungsi saraf dan otot.

Garam juga menyeimbangkan gula darah, menjaga tulang tetap kuat, mengatur metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan nutrisi penting dalam tubuh.

Garam sendiri memiliki kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi. Maka dari itu, banyak sebagian orang menggunakan garam untuk mempercanyik wajah menjadi halus dan bercahaya.

Berikut beberapa resep sederhana seperti yang dilansir dari nakita.id :

1. Sebagai masker

Untuk membuat masker dari garam, bisa dicampurkan dengan madu dengan perbandingan 2:4 ( garam:madu) kemudian aduk sampai terlihat seperti pasta.

Kemudian aplikasikan ke area wajah secara merata, kecuali area mata. Diamlan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dan lanjutkan perawatan wajah seperti biasa.

Garam dan madu sendiri diketahui memiliki sifat anti radang, sehingga bagus untuk meredakan iritasi radang, sehinhga bagus untuk meradangkan iritasi dan jerawat yang membandel.

Selain itu, produksi minyak di kulit wajah juga akan menjadi lebih seimbang sekaligus mampu melembabkan area wajah yang kering.

2. Sabun pencuci wajah

Banyak juga produk kecantikan cuci muka yang berbahan dasarkan garam laut.
Hal ini dikarenakan garam memiliki kandungan berbagai nutrisi penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Selain itu, kemampuan alami garam laut bisa mencegah timbulnya jerawat serta mengontrol kadar minyak berlebih di wajah.

3. Toner wajah

Untuk menjaga wajah tetap bersih dan terbebas dari kotoran, setelah membersihkan wajah dengan mencui muka, baiknya gunakan toner.

Garam juga bisa menjadi toner alami yang membantu membersihkan sisa-sisa debu atau bahkan makeup yang menempel pada wajah, serta membersihkan pori-pori dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, campurkan satu sendok teh garam dengan empat sendok makan air hangat atau air matang lalu aduk hingga larut dengan sempurna.

Masukkan kombinasi bahan ini ke dalam botol semprot berukuran kecil.

Untuk hasil optimal, gunakan dua kali dalam sehari dan hindari menyentuh area mata.

4. Scrub

Seperti yang diketahui, proses scrubbing untuk wajah bertujuan untuj mengangkat sel-sel kulit mati yang menimbun di wajah.

Selain meluruhkan sel kulit mati, proses ini akan membuat wajah terlihat bersih, bersinar dan sehat.

Kita juga bisa menggunakan garam untuk dijadikan scrub wajah.

Tekstur garam yang menyerupai butiran kecil yang kasar efektif mengeksfoliasi dan menghaluskan kulit wajah.

Jika ingin hasil yang lebih, maka bisa juga ditambahkan bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan minyak almond.
Campurkan setengah cangkir garam dengan seperempat cangkir lidah buaya dan empat sendok teh minyak almond.

Aduk semua bahan hingga berbentuk seperti pasta kental, pastikan adonan scrub tidak terlalu kering.

Aplikasikan ke wajah seperti saat memakai scrub biasa, pijat lembut dengan gerakan melingkar dan hindari menggosok wajah terlalu keras.(*/dw)

LEAVE A REPLY