Bawaslu Lamteng Angkat Bicara soal ‘Caleg Pupuk’

0
180

rubrikmedia.com, Lampung Tengah – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Tengah angkat bicara soal Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar di Dapil 1 yang memanfaatkan pupuk untuk nyalon.

Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Edwin Nur mengatakan bahwa, upaya kampanye dengan pupuk tersebut tidak diperbolehkan.

“Menurut undang-undang pemilu no 7 tahun 2017 tentang Pemilu, calon peserta pemilu, calon atau tim kampanye dilarang untuk memaksa atau mempengaruhi pemilih untuk memilih salah satu calon ataupun tidak memilih dan itu sanksinya jelas pidana,” terang Edwin Nur.

Menurut Edwin, Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah sudah melakukan sosialisasi untuk pencegahan dini terjadinya pelanggaran oleh partai peserta pemilu ataupun calon anggota legislatif serta masyarakat.

“Kita sudah melakukan sosialisasi pencegahan dini secara road show kepada seluruh peserta pemilu, calon legislatif bahkan partai politik dan sudah mengirimkan surat kepada semua calon dan sosialisasi kepada masyarakat dan ormas terkait undang undang Pemilu,” jelasnya.

Bawaslu juga meminta peran aktif dari masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu.

“Apabila kita menemukan pelanggaran tersebut maka akan kami tindak tegas dan masyarakat di harapkan untuk dapat melaporkan nya kepada Bawaslu.Dan itu bisa menggugurkan calon tersebut karena dapat di nilai Terstruktur sistematis masif(TSM),” imbuh Edwin.

Selanjutnya, Bawaslu akan menindaklanjuti terhadap dugaan tersebut.

Saat dihubungi melalui saluran seluler nya ‘Caleg Pupuk’ tersebut sedang berpergian dan belum dapat menjelaskan dengan baik.

“Nanti ya mas saya sedang di kendaraan ada urusan, nanti saja suaranya putus putus,” seraya menutup sambungan telepon seluler nya. (dr/yf)

LEAVE A REPLY