Aset Gedung Pertokoan di Jalan Jendral Sudirman Dilelang Secara Online

0
379

METRO – Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro kembali menggelar lelang gedung bekas yang merupakan aset negara.

Kali ini yang dilelang adalah gedung pertokoan di Jalan Jendral Sudirman, Kota Metro. Lelang dilakukan secara online oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Metro.

Dengan sistem online. Lelang tersebut dimenangkan oleh perorangan peserta lelang dari Riau, yakni Fitria.

Nadirsyah selaku pejabat lelang dari KPKNL Kota Metro menjelaskan, mekanisme lelang online tersebut sebelumnya diiklankan di media cetak, 14 Februari 2019. Kemudian ditutup lelang 19 Februari 2019.

Nadirsyah menjelaskan. Selama sepekan proses lelang pertokoan itu, ada enam peserta yang menawar ruko tersebut. “Tepatnya pukul dua tanggal sembilan belas Februari, lelang kami tutup, dengan penawaran Rp 367.891.000, ibu Fitria dari Riau yang memenangkan lelang tersebut,” tambahnya.

Pemenang lelang disahkan di gedung Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro.

Uang muka oleh peserta adalah sebesar Rp 29.000.000. “Peserta yang kalah uang muka kita kembalikan, sementara pemenangnya harus melunasi hingga 26 Februari 2019. Dengan sistem online ini, proses lelang bisa menghindari bentrok fisik antara peserta, serta menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, terpisah Kepala Dinas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Supriyadi mengatakan, dengan proses lelang online mempermudah peserta untuk mengikuti lelang.

“Kita limitkan sekitar Rp 120.000.000, untuk lelang ruko tersebut dan dimenangkan dengan harga Rp 367.89.000,. Ini naik sebesar 200 persen, jika sudah ada pemenang lelang, maka ruko di Jalan Jendral Sudirman akan segera dibangun,” tambah Supriyadi.

Selain melakukan lelang ruko di Jalan Jenderal Sudirman, BPKAD sudah melakukan tiga kali lelang dengan sistem online. “Ini sudah ketiga kalinya kami lakukan lelang dengan sistem online. Sebelumnya gedung SMP 1 juga dilakukan secara online. Dan kebetulan, dimenangkan juga orang Riau,” ujarnya.

Supriyadi menjelaskan. Hasil dari lelang tersebut akan diterima oleh KPKNL Kota Metro, dan masuk sebagai pendapatan negara dan menjadi kas negara. (yus)

LEAVE A REPLY