Walikota Pairin Buka Pelatihan Warga Binaan Lapas Metro

0
1004

RUBRIK, METRO – Walikota Metro Achmad Pairin membuka kegiatan pembinaan keterampilan perakitan sepeda motor bagi warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Metro, Kamis (7/4/2016).

Turut hadir dalam acara itu Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Metro Masnuni, Kepala Lapas Kelas II A Metro Maizar, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Kota Metro Aris Suharto, serta perwakilan dari UPTD BLK Kota Metro Edy Purwantoro.

Aris Suharto mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkot Metro dengan Lapas Kelas II A Metro dan UPTD BLK Metro yang diikuti oleh 30 peserta mulai 7-21 April 2016.
“Ini untuk memberikan keterampilan kepada para warga binaan sebagai bekal usaha setelah kembali di lingkungan masyarakat, seperti perbengkelan,” ujarnya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Metro Maizar menjelaskan, Lapas Metro dihuni oleh 449 orang padahal standar kapasitasnya hanya 168 orang. Para penghuni tahanan didominasi oleh penyalahgunaan obat terlarang/narkotika.

Maizar memastikan, meski over kapasitas kondisi lapas untuk saat ini masih tetap aman, tenteram dan kondusif. Kegiatan pembinaan keterampilan ini, kata dia, sebagai bukti bahwa warga binaan lapas memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dan pembelajaran.

“Kami bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Metro yang telah mendukung kegiatan pelatihan ini. Kami berharap pelatihan-pelatihan seperti ini dapat dilakukan kembali di waktu yang akan datang,” pesan Maizar.

Walikota Metro Pairin dalam sambutannya menyampaikan harapan agar setelah kembali ke lingkungan masyarakat, para warga binaan lapas tidak mengulang kesalahannya kembali karena telah mendapatkan bekal pembelajaran dalam pelatihan tersebut.

Pairin mengucapkan terima kasih kepada petugas lapas yang telah memberikan pelayanan yang manusiawi kepada para warga binaan Lapas.

“Tunjukan kemampuan dan tunjukan bahwa kalian warga negara yang baik. Berikan contoh kepada warga binaan lapas lainnya bahwa kalian bisa menjadi lebih baik. Saya berharap kepada warga binaan lapas agar dapat mengikuti pelatihan ini sebaik-baiknya,” kata Pairin.(*/rls)

LEAVE A REPLY