HomeBERITA LAMPUNGLAMPUNG TIMURTiga Spesialis Pencuri Sarang Burung Walet Dihadiahi Timah Panas

Tiga Spesialis Pencuri Sarang Burung Walet Dihadiahi Timah Panas

RUBRIK, LAMTIM – Polisi ringkus tiga pria asal kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Serang, Banten yang mencuri sarang burung walet.(05/04/2022).

Penangkapan yang dilakukan oleh anggota Polsek Labuhan Meringgai Lampung Timur berhasil mengamankan tiga orang pelaku dan saat ini kondisi ketiganya merintih kesakitan karena mengalami luka tembak pada bagian kaki.

Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Yusvin menyampaikan, bahwa  tiga orang spesialis pencuri sarang burung walet bernama Entis Sutiasna, Tatwita dan Sukron, mereka nekat merantau ke Lampung untuk mencari sangkar burung walet dengan cara mencuri.

Awalnya ketiga pelaku sengaja datang dari Pandeglang dan tinggal di rumah Trisna warga Desa Kariyatani, Labuhan Maringgai, ternyata selain menyediakan tempat tinggal Trisna alias Gogon juga merupakan anggota sindikat pencurian sarang burung walet mereka.

Sindikat pencurian sangkar burung walet terindikasi  berjumlah lima orang, namun satu  beinisial “S” masih dalam data pencarian orang (DPO).

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 2 Kg sarang burung walet hasil curian, beberapa peralatan kejahatan dan satu mobil jenis Avanza yang digunakan sebagai kendaraan untuk melancarkan aksi pencurian.

Menurut pengakuan salah satu tersangka Sukron, dirinya bersama rekannya sudah melakukan pencurian di tiga titik, cara yang digunakan sama yaitu dengan merusak paksa gembok pintu rumah burung walet dengan menggunakan linggis kecil.

Sukron mengaku  tergiur mencuri sarang burung walet karena harganya yang mahal, untuk 1 Kg bisa mencapai  7-8 juta dan menjualnya tidak sulit.

Sementara itu pengusaha sangkar burung walet warga Desa Kariyatan Prapto mengaku, dampak dari pencurian sarang burung walet sangat merugikan, selain kehilangan sangkar walet burung –burung walet peliharaannyanya juga menjadi stress sebab sangkar burung tersebut diambil secara paksa tampa memakai metode pangambilan yang benar.(Red)

Polres Lamteng Gelar
Dampak Pertamax Naik
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT