Pemkot Metro Bagikan 10 Ribu Bibit Tanaman di Peringati Hari Menanam Pohon

0
1002
Wakil Walikota Metro Djohan secara simbolis menanam 30 bibit pohon buah dan kayu pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016.

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro secara simbolis menanam 30 bibit pohon buah dan kayu pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016, yang berlangsung di Kelurahan Karangrejo, Metro Utara, Selasa (13/12/2016).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Forkopimda Kota Metro, Perwakilan Ketua TP4K Provinsi Lampung, Ketua TP-PKK Kota Metro, dan Ketua GOW Kota Metro.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro, Yeri Ehwan menjelaskan, peringatan HMPI dan BMN merupakan momentum inisiasi gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon yang berjalan secara kontinyu dan diharapkan membudaya di kalangan masyarakat luas.

“Gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon adalah untuk menumbuhkembangkan budaya cinta menanam dan memelihara pohon, membantu rehabilitas lahan kritis, meningkatkan produktivitas lahan dan ekonomi masyarakat, mengembangkan tanaman unggul lokal, dan mendukung pelaksanaan mitigasi perubahan iklim,” jelasnya.

Dalam rangkaian peringatan hari menanam pohon ini akan didistribusikan sebanyak 10 ribu lebih bibit tanaman kepada lembaga atau kelompok masyarakat yang menyampaikan usulan permintaan, terdiri dari pohon kayu gaharu, cempaka, jabon, pule, pinang, jambu biji merah, trembesi, bayur, nangka, mangga, dll.

Di dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disampaikan oleh ¬†Walikota Metro Achmad Pairin, kegiatan ini mengambil tema “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara”, tema tersebut diartikan bahwa saat ini betul-betul langkah menanam pohon merupakan kebutuhan untuk prasyarat kehidupan yang paling mendasar dengan dukungan dan sistem regulasi alam, begitupun dukungan bagi kesejahteraan masyarakat, dan secara lebih konkrit dapat menjadi sumberdaya ekonomi.

“Sudah saatnya semangat menanam pohon ada dalam diri kita semua. Menanam pohon dalam upaya menyelamatkan bumi kita, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air-mata air yang baru dan sudah pasti memberikan oksigen bagi kehidupan. Jadikan Rumah Kita Hutan Kita dan begitu pula Hutan Kita Rumah Kita,” ucapnya.

Pairin pun sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat menghijaukan Kota Metro dengan merawat dan menjaga pertumbuhan/perkembangan dari bibit tanaman yang telah ditanam.

“Menanam pohon adalah hal yang mudah, namun tidak mudah untuk merawatnya, oleh karena itu mari kita jaga dan merawat bibit tanaman yang telah sama-sama kita tanam agar ditahun-tahun berikutnya Kota Metro dapat menjadi lebih hijau,” ungkap Pairin.(*)

LEAVE A REPLY