Kantor Pekon dan SDN 3 Margakaya Pringsewu Kebanjiran, Sekolah Terpaksa Liburkan Murid

0
1301
Kepala Pekon dan Sejumlah guru SDN 3 Margakaya Pringsewu saat menyaksikan gedung sekolah dan kantor pekon yang terendam banjir.

RUBRIK, PRINGSEWU – Derasnya hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pringsewu malam tadi membuat Sekolah Dasar Negeri 3, Kantor Pekon Margakaya dan beberapa rumah warga di Pekon Margakaya Kecamatan Pringsewu terendam banjir.

Banjir setinggi 50 cm yang diduga berasal dari luapan saluran irigasi ini diperkirakan mulai sekitar pukul 04.00 wib, setelah semalaman hujan deras.

Demikian dikatakan Kepala Pekon Margakaya Abidin Ayub saat ditemui di kantor pekon Margakaya, Senin (28/11/2016).

Menurut Abidin, SDN 3 Margakaya terpaksa diliburkan karena sekolah yang berada tepat di belakang kantor kepala pekon Margakaya ikut terendam banjir.

“Banyak kerugian akibat banjir ini, di antaranya sekitar 5 rumah terendam dan terdapat banyak semaian bibit padi di area ini ikut terendam. Saya kira banjir diduga karena pembangunan saluran irigasi dari Pekon Waluyojati sampai Muara Balak yang tersumbat sehingga meluap,” ujarnya.

Dia mengharapkan kepada pemerintah agar cepet melesaikan banjir, karena baru kali ini kantor pekon dan sekolah dasar terkena banjir akibat luapan saluran irigasi.

“Dikhawatirkan kalau sampai nanti malam hujan, bisa terjadi banjir kembali dan dampak yang terendam akan semakin meluas,” ucapnya.

Sementara, anggota DPRD Pringsewu Sahidin yang langsung meninjau lokasi banjir mengatakan bahwa akan berkoordinasi dengan dinas yang ada, dalam hal ini Dinas PU dan Dinas Pertanian untuk menanyakan soal pekerjaan saluran irigasi yang belum maksimal.

“Dugaan disebabkan ada penyumbatan di saluran irigasi sehingga mengakibatkan banjir, kalaupun harus pencegahan dengan normalisasi,” ujar Sahidin singkat.(*)

LEAVE A REPLY