Ini Prioritas Pembangunan Kota Metro Tahun 2018 yang Masih Diburu

0
1135
Kota Metro,Bangkit Sanjaya
Kepala BAPPDA Kota Metro Bangkit Sanjaya

RUBRIK, METRO – Pemerintah Kota Metro terus mengejar pembangunan sesuai visi dan misi sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga Berbasis Ekonomi Kerakyatan.

Pembangunan yang menjadi prioritas yakni sektor pendidikan, kesehatan, dan wisata keluarga. Untuk mewujudkan itu, pemerintah menyiapkan anggaran sektor pendidikan mencapai 24% dan sektor kesehatan 10% dari porsi APBD.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo mengatakan, prioritas pembangungan Kota Metro ada di dalam misi yaitu meningkatkan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan melalui pertanian, perdagangan, pariwisata, dan jasa.

Kemudian meningkatkan kualitas infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan serta mewujudkan Pemkot Metro yang good goverment melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Bangkit menambahkan bahwa APBD Kota Metro tahun 2018 ini sebanyak 41 persen akan digelontorkan untuk belanja pegawai dan 59 persen untuk belanja modal. Artinya, belanja masyarakat lebih banyak dari belanja pegawai sehingga diharapkan pembangunan akan mewujudkan kota metro yang lebih baik.

Untuk wisata keluarga, lanjut Bangkit, Pemkot Metro juga terus melengkapi fasilitas di titik-titik yang dikembangkan menjadi wisata keluarga.

Titik tersebut yakni Taman Merdeka, Taman KH Dewantara, Kawasan Wisata Sumbersari, Dam Raman, dan Samber Park.

“Pemerintah juga akan menata jembatan-jembatan di Kota Metro yang sebelumnya kalau lewat jembatan biasanya membunyikan klakson, sekarang kalau lewat jembatan malah foto-foto. Karena jembatan yang sebelumnya gelap sekarang kita tata menjadi lebih terang dan indah dengan dipasang lampu,” ujarnya.

Sementara pada sektor infrastruktur juga akan melakukan perbaikan pada jalan-jalan yang masih onderlagh, pembuatan jalur dua di Jalan Pattimura dan Jalan Budi Utomo.

“Saat ini Jalan Budi Utomo sudah dilebarkan tiga meter, nanti kita minta bantuan perkerasan dari provinsi,” jelasnya.(rubrikmedia)

LEAVE A REPLY