Ini Komentar Senator Senayan Terkait Rekomendasi Penutupan Alfamart dan Indomaret di Lamteng

0
565
Annang Prihantoro Anggota DPD RI.

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Anggota DPD RI asal Lampung Anang Prihantoro menilai, permasalahan toko retail modern di Lampung Tengah tidak bisa hanya diselesaikan di tingkat daerah saja tapi harus sampai di pusat.

Hal ini menyusul keluarnya rekomendasi penutupan toko retail modern di Lampung Tengah yang melanggar izin oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Lampung Tengah.

Hasil kajian pansus, toko retail modern Alfamart dan Indomaret di Lampung Tengah telah menyalahi aturan dan peruntukan pada perizinanya yaitu toko gerabatan atau kelontongan tapi pada praktiknya adalah toko modern.

“Permasalahan Alfamart dan Indomaret harus dibicarakan di tingkat nasional, tidak bisa diputuskan di satu daerah saja. Dengan adanya pembentukan pansus DPRD di daerah yang memberi masukan pada  pemerintah dearah sangat membantu, karena  itu adalah masukan real. Tapi prinsipnya adalah legalitas tidak bisa ditawar,” kat Senator Senayan asal Lampung ini.

Lanjut Anang, kepemilikan saham tidak boleh di monopoli dan harus di-shere pada masyarakat. Oleh karena itu, penutupan tidak bisa dilakukan oleh  daerah tertentu karena hal itu menyangkut nasional. Dan pihak terkait harus memperhatikan PAD daerah jangan semua keuntungan dibawa ke pusat.

“Kepemilikan saham itu tidak boleh dimonopoli oleh satu pihak dan harus diberikan pada masyarakat sekitar agar merasakan keuntungan bersama. Makanya penutupan Alfamart dan Indomaret ini tidak bisa dakukan oleh daerah tertentu karena ini menyangkut masalah nasional. Dan demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah pihak terkait harus juga memperhatikannya jangan semua keuntungan dibawa ke pusat dan tidak ada manfaat Alfamart dan Indomaret bagi daerah setempat dan yang ada hanya malah merugikan,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY