HomeTak BerkategoriRevitalisasi Bendung Way Seputih Segera Terialisasi

Revitalisasi Bendung Way Seputih Segera Terialisasi

Kementerian PUPR, Bendungam WAY Seputih, Media Lampung

RUBRIK,Jakarta – Pertemuan antara perwakilan Petani Lampung Tengah yang di dampingi oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah beserta Ketua Komite ll Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) dengan Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, akhirnya membuahkan hasil yang cukup membuat petani berhagia. Pasalnya di tahun 2019 mendatang Kementerian PUPR sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 25 Milyar untuk revitalisasi Bendung Way Seputih, dengan total anggaran yang disiapkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp.150 Milyar.

Hal tetsebut dibicarakan saat rapat antara Kementerian PUPR yang di wakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR beserta beberapa orang staffnya dengan Komite II DPD RI di Ruang Rapat gedung Kementerian PUPR di Jakarta, Rabu (21/11/18).

Dalam rapat tersebut Ketua Komite ll DPD RI .H.Muhammad Wirza Wardana mengatakan, bahwa DPD RI sangat serius mengawal berbagai usulan yang datang dari masyarakat di daerah yang selama ini memang tidak mendapatkan perhatian.

“Kami DPD RI sangat serius mengawal adanya usulan yang datang dari daerah karena itu adalah aspirasi murni dari masyarakat yang mungkin selama ini belum mendapat kan perhatian, seperti halnya kali ini hadir perwakilan Petani dari Provinsi Lampung yaitu dari Kabupaten Lampung Tengah yang mengusulkan peningkatan kapasitas bendung Way Seputih yang selama ini sangat di butuhkan bagi pengairan lahan pertanian masyarakat Lampung Tengah.Dan akhirnya ada jawaban yang di tunggu oleh petani”ujar H.M.Wirza Wardana.

Selanjutnya Anggota DPD RI asal Kalimantan Timur ini meminta jawaban secara tertulis dari pihak kementerian PUPR agar para Petani Lampung Tengah akan lebih yakin lagi.
“Kami. Mohon selain jawaban secara lisan, untuk dapat di buatkan jawaban terkait usulan ini, sehingga Petani Lampung Tengah yang hadir untuk mengusulkan permasalahan Bendung Way Seputih merasa puas dan yakin bahwa usaha nya tidak sia sia”tegasnya.

Sementara itu Anggota DPD RI asal Lampung, ir.Anang Prihantoro mengatakan ada sekitar 14 lahan pertanian warga yang ada di sekitar aliran Way Seputih yang saat ini tidak mendapatkan air secara maksimal sehingga ada sebagian lahan yang telah beralih fungsi.
“Pada awalnya ada sekitar 14 ribu Hektar lahan pertanian yang ada di sekitar bendung Way Seputih namun saat ini ada sekitar 5 ribu hektar yang sudah beralih fungsi nya sehingga tinggal 9 ribu hektar yang masih ada .Namun itu hanya bergantung pada tadah hujan dan aliran Way Seputih tidak sampai ke lahan petani jika lahan yang ada tersebut di optimalkan berapa ribu ton gabah yang akan kita hasilkan dan ini sesuai dengan program dari pemerintah untuk kedaulatan pangan”ucap Anang Prihantoro.

Sementara ituSekretaris Jenderal Kementerian PUPR,
Prof.(R). Dr. Ir. Anita Firmanti Eko Susetyowati,M T.menegaskan kembali, bahwa untuk revitalisasi Bendung Way Seputih ini pemerintah pusat melalui kementerian PUPR telah menganggarkan dana sebesar Rp.150 milyar.

“Untuk revitalisasi Bendung Way Seputih pemerintah di Tahun 2019 telah menganggarkan dana sebesar Rp 25 Milyar dan total nya ada Rp.150 Milyar guna meningkatkan kapasitas dan rehab bendung tersebut”terang Setjen Kementerian PUPR ini.

Menanggapi apa yang telah di usulkan oleh Petani Lampung Tengah dengan di dampingi oleh para wakil rakyat tersebut ,pihak kementerian PU PR akan segera membuatkan surat Jawaban secara tertulis sehingga dapat di pahami oleh petani bahwa usulan mereka benar benar mendapatkan perhatian dari pemerintah.
“Secepat nya kami akan membuatkan jawaban tertulis yang di akan kami tujukan kepada DPD RI lalu akan di sampaikan kepada petani di Lampung Tengah, bahwa pemerintah pusat serius menanggapi persoalan Bendung Way Seputih ini” jelas Anita Firmanti Eko Susetyowati.
Sementara itu Anggota DPRD Lampung Tengah, Sumarsono mengucapkan terima kasih nya atas jawaban dari pihak kementerian PU PR yang begitu membuat lega masyarakat petani Lampung Tengah.
“Saya sangat berterima kasih dan merasa puas dengan jawaban dari kementerian PU PR dan memang itulah yang selama ini diharapkan oleh petani Lampung Tengah, khususnya petani di 5 kecamatan di sekitar bendung Way Seputih ini dan kami merasa sangat bahagia karena dengan adanya revitalisasi Bendung Way Seputih maka kesejahteraan petani akan meningkatkan”tutup Sumarsono.(ddy)

Bagikan 1300 Sertifi
Lebih Cantik dan Leb
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT