Gara-gara Terhambat Masalah Signal dan Listrik Padam, Warga Pakai Jasa Calo Buat Dokumen Kependudukan

0
732

RUBRIK, LAMPUNG TENGAH – Masyarakat di Lampung Tengah terpaksa memilih memakai jasa calo dalam untuk membuat dokumen kependudukan. Hal ini dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi masyarakat untuk memperoleh dan mengurus dokumen kependudukan tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan di acara penyuluhan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengenai dokumen kependudukan di Bandiklat Lampung Tengah, Selasa (30/8/2016) lalu.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto beserta beberapa staf Disdukcapil Lamteng dan tamu undangan dari pihak perbankan, kantor pos, BPJS, dan rumah sakit. Acara ini membahas pentingnya dokumen kependudukan dan kendala yang dihadapi oleh dinas terkait.

Dalam pertemuan itu terungkap bahwa masyarakat dan juga pihak perkantoran, yang semua administrasinya harus menggunakan dokumen kependudukan, merasa terhambat. Pasalnya banyak kendala yang dihadapi sehingga mereka memilih menggunakan jasa calo. Masyarakat berharap Disdukcapil lebih cepat tanggap dan melakukan jemput bola.

Perwakilan Disdukcapil, Intan mengatakan, kendala yang sering mereka hadapi di antaranya mengenai terbatasnya blanko e-KTP dan dokumen lain.

“Sebab, jumlah blanko itu sudah diatur oleh Kemendagri dan kami belum mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait perekaman setelah tanggal 31 September 2016,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Loekman Djoyosoemarto menjelaskan pentingnya sosialisasi terkait dokumen kependudukan ini. Menurutnya, kendala yang dihadapi dinas karena petugasnya saja yang tidak siap.

“Kalo soal calo memang sulit diberantas karena semua maunya serba cepat. Masalah lain seperti kendala listrik dan signal memang menjadi kendala, belum lagi kemampuan mesin cetak. Karena itu saya imbau masyarakat langsung datang ke dinas terkait,” ujarnya.(Ddy)

LEAVE A REPLY