DPRD Minta Pemkot Kembangkan Wisata Edukasi Seperti Bangun Museum

0
784

RUBRIK, METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta pihak eksekutif mengembangkan wisata yang bernuansa pendidikan. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Metro, Basuki, Senin (15/2/2016).

Sebagai kota yang kecil, kata Basuki, Metro tak serta merta kecil potensi, banyak prestasi membanggakan yang diraih oleh kota bervisi pendidikan ini. Torehan prestasi ini mengundang banyak orang untuk berkunjung ke Kota Metro. Sayangnya masyarakat terkadang bingung, ke mana harus berwisata ketika sudah berada di Metro. Tak ada pilihan lain, wisata di Kota Metro terbatas di taman kota.

“Banyaknya masyarakat luar Metro yang berkunjung ke Metro, seharusnya dapat menjadi potensi peningkatan pendapatan. Pemerintah kota bisa mengembangkan wisata buatan sebagai alternatif wisatawan atau masyarakat yang berkunjung ke Metro. Tentunya wisata buatan itu harus tetap mengusung tema edukasi, kan Metro Kota Pendidikan,” ujar Basuki.

Wisata buatan ini salah satunya dengan membuka museum, sebagai wisata edukasi baik untuk masyarakat Metro sendiri maupun masyarakat luar. “Potensi wisata untuk di Kota Metro bisa berupa museum, yang salah satu isinya tentang sejarah Kota Metro,” imbuh Basuki.

Sementara terkait museum kota Metro sudah pernah diwacanakan oleh Pemerintah Bumi Sai Wawai, beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini belum ada realisasinya. Lokasi yang direncanakan yaitu di Gedung Sesat.

“Kalau lokasi, sebaiknya ada di pusat kota ya, kita masih ada tempat yang bisa dimanfaatkan, seperti lahan di depan rumah sakit kita (RSUD A Yani), itu sekarang kan jadi tempat mobil-mobil sampah, masa di pusat kota dekat dengan rumah sakit justru jadi lokasi parkir mobil sampah, gimana mau masuk zona putih,” tandas Basuki.(Jdp)

LEAVE A REPLY